fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Tax Paradise 2010

Sebuah Review dari Kabid Acara Tax Paradise TM 2010 untuk Seluruh Panitia Tax Paradise TM 2011. Bismillahirrahmanirra...

Sebuah Review dari Kabid Acara Tax ParadiseTM 2010 untuk Seluruh Panitia Tax ParadiseTM 2011.
Bismillahirrahmanirrahim.
Tax ParadiseTM merupakan sebuah event nasional bernafaskan perpajakan nasional Republik Indonesia yang diselenggarakan secara annually oleh Ikatan Mahasiswa Pajak Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dengan menggandeng rekanan utama Direktorat Jenderal Pajak selaku otoritas perpajakan di Indonesia, dan rekanan lainnya yang berkecimpung dalam dunia perpajakan di Indonesia.
Tax ParadiseTM memulai debutnya pada tahun 2010 dan didaulat memboyong skema kesuksesan yang tidak diperkirakan sebelumnya. Sambutan hangat dari berbagai Universitas di Indonesia yang mendaftarkan timnya dalam National Tax CompetitionTM tak pelak telah menjadi semangat baru bagi segenap panitia Tax ParadiseTM 2010. Belum lagi antrian booking list Tax SeminarTM dari berbagai kalangan baik mahasiswa, dosen, praktisi perpajakan, perusahaan, maupun kalangan lainnya telah menjadi spirit yang cukup berarti bagi geliat perdananya. Dipadukan dengan Workshop PerpajakanTM, Tax ExpoTM, dan National Tax Blog CompetitionTM menjadikan Tax ParadiseTM 2010 sebagai event terlengkap di bidang perpajakan di Indonesia.
Acara ini bukan tanpa kendala yang berarti, mulai dari masalah anggaran dan pendanaan, soliditas internal, hingga berbagai permasalahan teknis yang cukup membuat panitia tidak bisa tidur nyenyak kala itu. Tumpuan organisatoris yang tidak semestinya merupakan permasalahan yang paling saya soroti dalam Tax ParadiseTM 2010. Tidak dapat dipungkiri hal ini telah menjadi salah satu katalisator terkuat dalam perapuhan soliditas internal panitia Tax ParadiseTM 2010. Tetapi untungnya, kami dianugerahi beberapa manusia super power dalam event ini. Mereka telah berhasil membangkitkan semangat panitia yang tersisa kala itu untuk terus maju mewujudkan cita-cita bersama: ”Tax ParadiseTM 2010 harus terwujud dengan sukses.”
Apa yang akan saya review di sini tidak lain adalah untuk memberikan saran bagi kemajuan event Tax ParadiseTM 2011 yang diharapkan akan dapat mengkatalisasi kemajuan Spesialisasi Pajak STAN yang kita cintai dan kita banggakan bersama ini. Jangan sampai kita yang paling dekat dengan domain perpajakan di republik ini justru tidak mempunyai karya yang berarti di dunia perpajakan. Anda adalah orang-orang super, jangan biarkan ke-super-an Anda menguap dan layu hanya karena isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya yang ada di sekitar Anda. Jadilah Anda orang yang memulai perubahan di sisi Anda, dan suatu saat Anda akan berbangga karena apa yang telah Anda lakukan hari ini untuk almamater Anda.
Sebelum Anda berhayal lebih jauh tentang kesuksesan Tax ParadiseTM 2011, ingatlah kata-kata saya: Jangan memulai jika Anda tidak yakin, dan setelah Anda mulai dengan keyakinan, jangan pernah menghentikan apa yang telah Anda mulai sebelum Anda peroleh kesuksesan. Perjuangan dan kerja keras seluruh panitia yang akan menjadi variabel utama kesuksesan Tax ParadiseTM 2011 nantinya.
Berikut ini akan saya paparkan beberapa titik sentral yang perlu Anda pelajari bersama dari kakak Anda, Tax ParadiseTM 2010.
Pertama, terkait pendanaan.  Anda tidak perlu takut dengan hal satu ini. Dana bisa diusahakan asalkan semua personil panitia mau dilibatkan dalam optimalisasi dana. Keseriusan tim danus sebagai leader sekaligus penanggungjawab fase pendanaan acara ini menjadi hal yang sangat penting. Ada begitu banyak sumber dana potensial di luar Anda jika Anda benar-benar serius terhadap masalah ini. Mereka butuh keyakinan bahwa mereka telah memilih sarana promosi yang tepat. Sesungguhnya isu perpajakan telah menjadi isu yang sangat menarik dan bergengsi saat ini, tinggal bagaimana Anda mengelola dan mengemasnya untuk menjual event ini. Jangan biarkan nama besar Pajak STAN menguap.
Ada baiknya jika Anda mengajukan proposal ’mentah’ kepada  Direktorat P2Humas KPDJP dalam acara ini. Direktorat P2Humas mempunyai anggaran yang relatif besar yang bisa diarahkan untuk event-event seperti Tax ParadiseTM ini. Lobi yang Anda tawarkan juga harus kuat dan mempunyai bargaining kepada calon-calon rekanan Anda. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda, ada baiknya Anda melibatkan kakak kelas Anda, yaitu mahasiswa D4 yang instansinya DJP, lebih bagus lagi jika beliau adalah lulusan Pajak dan punya daya tawar yang relatif bisa diandalkan, tidak menutup kemungkinan dari pihak top manager maupun middle manager di BEM.
Kedua, terkait dengan soliditas panitia. Ini adalah poin yang paling krusial yang menjadi titik kelemahan Tax ParadiseTM 2010, seperti bunga yang layu sebelum berkembang. Perhatian dan rasa memiliki terhadap event ini haruslah hadir dalam benak setiap personil panitia. Acara ini bukan milik IMP ataupun ketua panitia, ini adalah milik kita bersama. Kemajuan dan kesuksesannya merupakan tanggung jawab sosial yang harus kita wujudkan. Buktikan bahwa Anda adalah orang yang bertanggungjawab dan layak diberi tanggung jawab. Dan jika Anda telah mempunyai korlak, kepala bidang, maupun jenderal lapangan pada hari-H nanti, taatilah. Mereka telah mengambil perannya dengan caranya masing-masing yang harus Anda dukung. Jangan pernah merasa bahwa Anda lebih berjasa daripada rekan Anda yang lainnya, dan jika Anda diberikan beban kerja yang lebih, jangan mengeluh, dan bersyukurlah karena Anda sedang dididik untuk menjadi orang besar yang berjiwa besar.
Ketika, terkait dengan kerjasama dengan pihak lain. Ingatlah sebuah prinsip untuk saling percaya dan menjaga kepercayaan yang telah Anda dapatkan. Anda tidak sedang bekerja sama untuk saat ini saja, tetapi Anda sedang membangun pondasi untuk sebuah bangunan megah bagi penerus Anda nantinya. Boleh jadi Anda hanya akan terlibat dalam tahun ini dalam event ini, tapi Anda harus memberikan manfaat bagi adik-adik Anda nantinya.
Keempat, terkait dengan acara. Saya berpendapat bahwa keseluruhan item acara pada Tax ParadiseTM 2010 telah cukup lengkap dan proporsional. Namun masih ada beberapa kekurangan di sana-sini. Sebagai contoh, tidak hadirnya perwakilan dari pihak lembaga saya sinyalir adalah karena kami kurang teliti dalam mendesain kegiatan ini sesuai dengan alur birokrasi yang kita miliki. Seharusnya, lebih tepat jika acara Tax ParadiseTM 2011 ini nantinya dibuka oleh pihak lembaga, dalam hal ini Bapak Direktur kita yang tercinta. Ada baiknya jika Direktur Jenderal Pajak kita khususkan untuk memberikan semacam orasi ilmiah dengan mengusung tema perpajakan yang populis, namun tetap menjaga orisinilitas beliau sebagai sosok yang merepresentasikan otoritas perpajakan di Indonesia. Dilanjutkan dengan seminar dengan mengangkat isu yang sedang trend dan diperkirakan akan menarik perhatian massa. Uji cobakan terlebih dulu isu yang akan Anda angkat dalam media promosi yang telah Anda miliki dan juga media rekanan yang banyak dikunjungi penggiat perpajakan. Selain itu, Workshop Perpajakan juga perlu menjadi konsentrasi Anda, jika perlu, sediakan tempat yang benar-benar nyaman untuk event ini, jika Anda bisa adakan di luar juga akan menjadi nilai tambah tersendiri. Dan untuk Tax Expo, yakinkan bahwa Anda telah berhasil mendapatkan rekanan yang banyak, bukan hanya cukup banyak. Buatlah ia menjadi meriah dan menarik, sehingga rekanan tidak akan kecewa dengan kurangnya pengunjung atau produk mereka yang tidak laku. Jika perlu, selingi dengan berbagai macam bedah buku perpajakan dengan pembicara yang menarik tentunya. Saat ini Anda sedang membidik kesuksesan, maka Anda juga harus membidik bagaimana selera pasar.
Seperti sedang bermain estafet, Anda tidak hanya berlari untuk diri Anda sendiri, tetapi juga untuk orang-orang di depan Anda. Ada baiknya juga apabila Tax ParadiseTM 2011 bisa belajar dari NAC, dan alangkah baiknya jika kedua acara in bisa saling terintegrasi. Saya bayangkan akan ada sebuah event terbesar di STAN, ada Accounting Week oleh NAC dan Taxation Week oleh Tax ParadiseTM yang berjalan beriringan.
Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah semangat yang tinggi untuk membuatnya menjadi nyata. Jika Anda tertinggal satu langkah di belakang, maka majulah dua langkah agar Anda sejajar dengan mereka.
Semoga bermanfaat, dan selamat berjuang untuk Pajak STAN yang lebih baik.

Metro, 15 November 2010
Kabid Acara Tax ParadiseTM  2010
Henri Ariyanto

Kampus 8179963369183582541

Posting Komentar Blogger Disqus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping