fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Circle "K?"

Postingan ini bukan mau promosiin minimarket yang berasal dari Amerika Serikat, postingan ini adalah tentang perjalanan Outline (baca: otle...

Postingan ini bukan mau promosiin minimarket yang berasal dari Amerika Serikat, postingan ini adalah tentang perjalanan Outline (baca: otlen) Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) saya. Oh ya sebelumnya ada prolog dulu nih, minggu depan terhitung tanggal 20 Juni saya bakalan PKL di kantor pajak, tempat kerja saya nanti (amiin), tepatnya di KPP Pratama Ciamis, di kota asal saya. PKL itu tugas akhir buat mahasiswa Pajak di STAN dan saya termasuk salah satu mahasiswa yang beruntung itu. Setelah PKL kami wajib buat bikin yang namanya Laporan PKL, tapi sebelum itu harus bikin otlennya dulu. Nah, terus apa maksudnya judul di atas itu? Gini nih kronologisnya...


Senin, 6 Juni 2011
Besoknya, hari selasa kami berdelapan, kelompok bimbingan PKL saya, mau nemuin Pa Endang, dosbim alias dosen pembimbing kami di Kantor Pusat DJP. Karena itu niatnya sorenya ini mau ngumpul dulu buat ngomongin besok mau naek apa berangkatnya karena dari kampus ke sana lumayan jauh juga tuh. Kumpulnya di Taman CD, taman sejuta umat, saya mikirnya anak-anak pasti entar datengnya ngaret yaudah siang itu abis blogjogging ke blog tetangga ga kerasa udah jam 3 sore, mata rasanya udah berat banget. Karena udah ga tahan akhirnya mutusin buat boco (boco = bobo core #pengenmuntah) aja dulu terus pasang alarm jam 4. Pas kebangun udah jam 4 lebih, sebenernya udah dari tadi alarmnya bunyi cuma masih ada injury time. Pas buka hp ternyata ada sms dari Seno, ketua kelompok kami, "Sekarang juga kumpul di samping Gedung L, bapaknya minta ketemu hari ini karena kebetulan lagi di kampus abis rapat kelulusan" dan sms itu dikirim jam 3.30. Matilah ini baru bangun, yaudah langsung loncat ganti baju terus solat dulu. Karena udah ngaret akhirnya nyampe bela-belain naek ojeg ke kampus dan itu ke tiga kalinya saya naek ojeg waktu mau berangkat ke kampus, yang pertama sama ke dua entar kapan-kapan deh saya ceritain, lagi buru-buru nhi entar harus naek ojeg lagi kalo telat.


Jumat, 10 Juni 2011
Hari ini mau nemuin dosbim lagi buat konsultasi, tapi sekarang ketemu di kantornya bukan di kampus. Karena dosbim saya bukan widyaiswara tapi pegawai DJP yang juga ngajar di STAN. Perasaan saya ngumpul di kampus sebelum berangkat itu jam 1 siang, abis jumatan. Tapi pas jam 9 pagi saya sms Seno,
"sen, ntar berangkat jam berapa?"
"jam 9.30 mat"
"bukannya jam 1 ya?"
"zzz ini hari jumat mat, berangkatnya abis jumatan jadi ntar jumatan di sana."
"................!!!!!!!!!"
itu setengah jam lagi dan saya belum ngapa-ngapain, belum nyetrika baju, belum ngeprin otlen, untungnya tadi pagi udah mandi jadi agak sedikit meringankan beban karena abis nganterin yang berangkat kuliah. Pas nyampe bendungan, bukan bendungan hilir tapi bendungan kampus (aneh kan di kampus ada bendungan?) ternyata baru dikit yang ngumpul. Selesai konsultasi jam 5 sore setelah nunggu dari sebelum jumatan nyampe jam 2 lebih dikit, dan itu tuh jam-jamnya pada pulang kerja. macetnya minta ampun lah buat anak yang kuliah di pinggiran Jakarta yang jarang ngerasain macet, dan akhirnya baru nyampe kosan pas isya.


Rabu, 15 Juni 2011
Hari ini, untuk yang terakhir kami mau konsultasi lagi masalah otlen sambil minta tandatangan dosbim. Dari berangkat sih nyantai-nyantai aja ga ada masalah. Bahkan pas lagi konsultasi juga sempet ngegosip dulu tentang dua sejoli temen seangkatan kami yang baru jadian hari Minggu kemaren, bahkan Ina, temen kelompok saya, sampai ga percaya denger gosip tentang dua sejoli yang ga bisa disebut namanya ini. Yasudah pas nyampe kampus langsung dikumpulin tapi sebelumnya ngejilid dulu otlennya sambil ngeprin lagi halaman sampul depannya karena ternyata ada nomor halamannya ("i") di sampulnya. Beres itu langsung ngumpulin di Tempat Pelayanan Gedung A. Di situ saya diminta hubungin Laura, temen sekelas saya, karena otlennya ada yang salah dan harus direvisi. Salah ketik dia, harusnya "KEMENTERIAN KEUANGAN" dia malah ngetik "KEMETERIAN KEUANGAN" kurang huruf "N" di lembar pengesahannya dan otomatis dia harus ngejar-ngejar dosbimnya lagi buat minta tandatangan. Bahkan anak lain ada yang harus minta tandatangan dosbimnya lagi jauh-jauh ke Slipi cuma gara-gara salah tanda koma (,) dan masih banyak lagi cerita-cerita miris lainnya. Abis ngumpulin saya kelabing (keliaran bingung) dulu di kampus sama Rizal, temen PKL di KPP Ciamis juga, sambil nunggu apa otlen saya perlu direvisi apa engga. Jam 4.50 liat lagi ternyata otlen saya dikembaliin gara-gara "KEMENTERIAN"-nya ga ada huruf "K" jadi "EMENTERIAN" mungkin kehapus pas mau ngehapus nomor di sampul tadi karen keybord di rentalnya udah ga keliatan hurufnya jadi pas saya pencet tombol delete ko ga kehapus mungkin yang kehapus malah huruf "K" itu. Padahal kalo ga diganti pun sampulnya tadi itu ga bakalan dipermasalahin. Mungkin yang meriksa kecewa berat baru juga mau baca otlen saya tapi huruf pertamanya udah raib. Ini nih potonya, ada bunderan pake pensil yaang nanyain "huruf K-nya mana?" (Circle "K?"). Poto ini diambil pake webcam jadi agak buram-buram dikit.


Pas dikembaliin akhirnya otlen saya langsung diterima, tinggal diambil lagi besok abis pengarahan PKL.


"Selamat PKL teman-teman Pajak & PBB"
Personal 2402914543948029274

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Mahasiswa tingkat akhir toh???
    Sama dong... saya juga, Mahasiswa Tingkat Pertama dan Merangkap tingkat Akhir... Selamat PKL, Pak...

    BalasHapus
  2. iya, udah tingkat akhir.
    wah double degree ya?
    terima kasih, pak.:D

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping