fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Munggahan Si Anak Rantau


Setau gue banyak banget tradisi orang Sunda yang berhubungan sama bulan puasa. Kalo yang namanya ngabuburit mungkin udah populer. Udah pada tau kan ngabuburit itu apa? Kalo ada yang belom tau nih gue kasih tau, ngabuburit itu tradisi orang Sunda buat nunggu waktu buka puasa. Kegiatannya macem-macem, ada yang cuma kelabing (keliaran bingung) di taman, ada yang nyiapin hidangan buka puasa, ada yang tadarusan atau ngadain kajian agama, bahkan ada juga yang ngabuburit sambil nyalurin hobinya kayak mancing atau maen futsal.

Kali ini gue ga mau cerita tentang ngabuburit, gue mau cerita tentang yang namanya munggahan. Minggu-minggu ini banyak temen gue yang mudik buat munggahan sama keluarganya di rumah. Temen Organda (istilah buat organisasi daerah di STAN) gue yang ga balik ke rumah dari kemaren juga ngajakin munggahan bareng, tapi sampe sekarang tetep ga kesampean. Ga tau munggahan itu apa? Oke gue maklum, mungkin munggahan emang ga sepopuler ngabuburit. Soalnya ade gue, yang kemaren udah munggahan sama gue aja ternyata dia masih ga ngerti munggahan itu apa. Ade gue yang mana? Nih gue kasih liat foto gue sama ade gue, imut-imut kan?

Oke gue kasih tau, jadi munggahan itu tradisi orang Sunda menjelang bulan puasa. Mungkin suku-suku lain juga punya tradisi yang sama, cuma namanya aja beda. Biasanya kalo ngomongin munggahan yang terbersit itu acara makan-makan atau sukuran. Padahal sebenernya inti dari munggahan itu buat ngejalin silaturahmi. Kayak temen gue yang tadi aja, dia sampe mudik buat munggahan kan? Acaranya sih ga cuma makan-makan, tapi maaf-maafan juga sebelum masuk bulan puasa. Bahkan ada juga yang ngadain acara gede-gedean kayak halal bil hala gitu, bedanya ini diadain sebelom bulan puasa.

Kalo diliat secara etimologis munggahan itu berasal dari kata munggah yang artinya naik, kayak kalo orang naik haji dibilangnya munggah haji. Jadi munggahan itu ritual buat naik ke bulan puasa. Aduh... random banget ye deskripsi yang gue kasih. Ngomong-ngomong tolong kasih tau gue etimologis itu makhluk apaan.

Gue udah ngerantau sejak gue masuk SMA, makanya udah sering gue munggahan di negeri orang, di Bandung, di Depok, di Tangerang. Gue ga masalahin beberapa tahun ini gue ga munggahan di rumah, yang gue pikirin itu taun depan gue munggahan di mana? Semoga aja Pulau Jawa masih sudi buat gue injek-injek. Walopun gue udah sering munggahan di rantau, rasa kangen pengen munggahan sama keluarga di rumah itu tetep ada. Tambah lagi sekarang ini hape CDMA gue lagi rusak, jadinya gue jarang nelpon ke rumah (numpang curcol ye). Untungnya kemaren gue masih sempet munggahan sama ade gue.

Mumpung belom puasa gue makan dulu ye itung-itung munggahan, laper belom makan nih dari pagi. Maklum lah orang sibuk, jadi telat makan itu udah biasa (minta ditimpuk pake tong sampah). Selamat bepuasa ye buat temen-temen yang mulai ngejalanin ibadah puasa besok. Maaf kalo ada tulisan gue yang pernah nyinggung perasaan lo. Semoga di bulan puasa kali ini kita diberi kesehatan sama Gusti Allah, biar ibadahnya juga ga keganggu.
Iseng 4405629259029360562

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. itu tombol sharenya lumayan menghalangi bahan bacaan lo aplagi untuk pengunjung yang menggunakan notebook 10inchi...

    terus kok ada tulisan2 ngikut ya pada pointer? lucu sih... tapi nggak ramah pengunjung lo....

    padahal saya suka blogwalking dan saya pikir blog kamu bagus isinya. soalnya bukan copas....

    BalasHapus
  2. emang sih kalo gue pake pc yang monitornya ga wide screen juga suka ngalang-ngalangin, tapi ga kepikiran sampe situ. sekarang share button-nya udah diilangin.

    kalo teks yang ngikutin pointer itu pengennya jadi ciri khas.
    soalnya kalo yang ganti pointer pake logo kan udah banyak.

    makasih ya buat saran-sarannya.
    salam blogwalker.. :)

    BalasHapus
  3. @Uchank: ok, makasih udah berkunjung ke sini. :)

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping