fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Serba-serbi Ramadhan

Setannn pun dibelenggu Mulai hari ini umat Islam ngejalanin ibadah di bulan Ramadhan. Alhamdulillah gue juga masih diberikan panjang...


Setannn pun dibelenggu

Mulai hari ini umat Islam ngejalanin ibadah di bulan Ramadhan. Alhamdulillah gue juga masih diberikan panjang umur sama kesehatan buat ngejalanin ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Sering banget kita nyangkut pautin bulan Ramadhan sebagai bulan puasa. Karena umat Islam diwajibin buat puasa sebulan penuh di bulan ini. Saat denger kata "puasa" yang terpikir itu pasti nahan laper seharian, setan-setan dibelenggu, tidur pun jadi ibadah, mudik ke kampung halaman, lebaran pake baju baru, sama masih banyak lagi ritual-ritual yang erat kaitannya sama bulan puasa.

Daripada siang ini gue cuma ngiler di kosan, gue mau coba ngomongin tentang bulan puasa. Sebelumnya maaf kalo nanti ada salah-salah. Gue kan cuma mahasiswa abal-abal, bukannya UJ atau Mamah Dedeh yang sering mondar-mandir dari mimbar ke mimbar. Jadi kalo nanti ada yang salah silakan dibetulin ya.


PUASA

Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 183, "Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana (puasa) telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertaqwa." Yang dapet gue simpulin dari ayat ini, puasa cuma diwajibin buat orang yang beriman sama rukun iman yang enam itu. Masih pada inget kan rukun iman yang sering dihapalin waktu kita masih kecil? Jadi kalo orang yang ga puasa berarti secara otomatis dia ngaku kalo dia bukan orang yang beriman.

Setau gue, selain alasan ibadah, masih banyak alasan kenapa orang berpuasa. Kek misalnya yang mau operasi kan suka suruh puasa dulu sama dokternya. Kalo ditanya kenapa, ya gue juga kurang tau sih. kan gue gagal jadi dokter (hehe). Terus lagi kalo nonton pilm-pilm laga kayak kalo jaman gue SD yang terkenal itu Wiro Sableng. Di situ kan di ceritain kalo orang yang mau punya ilmu kanuragan harus bertapa dulu, sampe berhari-hari ga makan. Puasa itu kan ga makan berarti yang bertapa itu puasa karena yang lagi bertapa juga harus tahan dari godaan alias ngendaliim hawa nafsunya, katanya sih gitu. Kalo buat kesehatan kek mau operasi tadi sih gapapa. Tapi kalo sampe puasa buat nyari ilmu hitam, gue saranin jangan deh, perbuatan musyrik tuh.

Menurut buku yang gue baca (biar dibilang pinter rajin baca buku), agama lain juga ada yang diwajibin buat puasa. Tentu tujuannya juga beda, sesuai dengan kepercayaan mereka. Kalo buat umat Islam, puasa itu tujuannya buat ningkatin ketaqwaan kek disebutin di surat Al Baqarah tadi. Selain dilarang makan minum, selama puasa juga masih banyak perbuatan yang dilarang. Kek misalnya bergunjing, dilarang marah-marah, dilarang berhubungan suami-istri, sama masih banyak lagi. Gue yakin kalo larangan-larangan sama syarat sah puasa lo juga udah pada tau kan?

Dalam ayat di atas, disebutin juga bahwa umat sebelum kita juga pernah diwajibin puasa sama Allah. Tujuan kenapa hal itu diceritain dalam ayat tersebut supaya kita pede kalo kita juga pasti sanggup ngejalanin ibadah puasa kek umat sebelum kita. Jadi kita ga duluan ngenilai kalo puasa itu ibadah yang berat buat dijalanin.


TIDUR JUGA IBADAH

Pernah denger kan kalo katanya tidurnya orang yang puasa Ramadhan itu juga ibadah. Gini bunyi lengkap haditsnya, "Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, diamnya setara tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan (pahalanya), doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni." (HR. Al Bayhaqi). Tapi Al Bayhaqi sendiri serta Al Suyuthi sama Al Munawi bilang kalo hadits ini dhaif alias lemah. Karena dalam sanadnya terdapat Ma'ruf bin Hisan, seorang perawi yang dhaif, sama Sulayman bin 'Amr Al Nakha'i yang dianggap sebagai pendusta, wallahu alam. Terlepas dari itu, kalo pun misalnya tidurnya aja ibadah maka bangunnya juga ibadah. Selama bangunnya itu ga ngelakuin maksiat. Semoga terjaganya gue dari tidur siang buat ngoceh diblog juga bisa jadi ibadah (amiin).


SETAN-SETAN DIBELENGGU

Selama bulan puasa setan-setan juga pada dibelenggu. Liat aja noh Si Poci juga jadi tahanan rumah. Ya walopun di masih godain orang lewat twitter. Kalo dia sih kan setan gagal jadi anggap aja pengecualian. Tapi emang Allah juga udah ngejanjiin kalo selama bulan puasa setan-setan pada dibelenggu. Kalo anak-anak SeTAN ya pada UAS minggu ke dua (kriukss).

Udah jadi rahasia umum kan kalo setan itu selalu gangguin manusia biar nemenin mereka masuk neraka. Tentunya satu kemudahan yang dikasih Allah buat kita ngejalanin puasa ini saat setan-setan itu dibelenggu. Tinggal yang jadi musuh utama kita adalah diri kita sendiri, hawa nafsu kita. Tapi kok masih banyak yang maksiat? Ya berarti kelakuannya udah kek setan. Di bulan puasa kita dituntut buat nunjukin kalo kita tuh orang yang tangguh. Kan kata buku yang gue baca juga (lagi-lagi sok baca buku biar dibilang pinter), orang yang tangguh itu bukan orang yang mapu ngehajar abis-abisan musuhnya, orang yang tangguh tuh orang yang mampu ngelawan hawa nafsunya, bener ga?


SOLAT TARAWIH

Kalo solat tarawih ada yang beda-beda pahamnya. Ada yang ngelaksanain 11 rakaat sama ada yang 23 rakaat, keduanya udah termasuk witir. Solat Tarawih belum dikenal semasa Rasulullah, yang ada qiyam Ramadhan alias solat malam di bulan Ramadhan. Malah katanya solat tarawih itu ada 40 macem. Terlepas dari perbedaan itu, yang penting laksanain solat tarawih sesuai dengan ulama yang diikuti. Jangan kek gue tahun kemaren pas lagi UAS solat tarawih di Masjid Al Barkah soalnya cepet. Biar gue bisa cepet belajar buat ujian besoknya. Terus dari 20 rokaat itu gue cuma ngikut 8 rokaat. Astagfirullahaladzim, jangan pada ditirunya ya yang model ginian. Kalo dari kecil gue biasanya solat tarawih 20 rakaat tambah witir 3 rakaat. Tahun kemaren itu cuma lagi labil aja kok.


MUDIK

Tujuan mudik alias mulang ke udik yaitu buat ngeeratin tali silaturahmi alias hubungan kasih sayang. Misalnya kek yang udah lama ngerantau kan tali silaturahminya jadi agak renggang karena jarang ketemu. Dengan mudik itulah tali silaturahminya dengan keluarga di kampung halaman dieratin lagi. Ajang silaturahmi bagi masyarakat Sunda juga ada yang namanya Munggahan. Kalo pengen tau apa itu munggahan, baca aja postingan gue yang sebelomnya.


Masih banyak lagi hal-hal yang berhubungan sama bulan puasa kek zakat fitrah, lailatu qadar, sama Idul Fitri. Tapi keknya tulisan gue udah kepanjangan. Kapan lagi aja gue sambung obrolannya. Maaf kalo ada yang salah-salah, semua itu karena keterbatasan pengetahuan gue. Saran dan kritiknya sangat gue tunggu. Kalopun ada hal baik yang bisa diambil dari sini jangan diliat siapa yang nulisnya tapi liat apa yang dia tulis. CMIIW

Met Puasa

Sumber gambar poconggg: [#SPBU] Selamat Berpuasa!


Iseng 6087847545435988471

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. slamat menjalankan ibadah puasa fiscus :)
    duh.. ga lama lg dhe jg akan mudik.. wuih..

    BalasHapus
  2. wah.. pasti seneng ya bentar lagi mau mudik ke aceh? :)

    BalasHapus
  3. Thank you for the comment my blog.
    I see when there are various religions though not understood in detail by me.

    BalasHapus
  4. selamat menunaikan ibadah puasa ya.. salam kenal.. :3

    BalasHapus
  5. met puasa juga. btw kasian juga tuh si poci XD

    BalasHapus
  6. @pipit: selamat menunaikan ibadah puasa juga, pipit.
    salam kenal. :3

    BalasHapus
  7. @Chilfia: kalo si poci sih ga perlu dikasihani. :D

    BalasHapus
  8. wuah bagus ne tulisanya.. hehe.. salam kenal yah=)

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping