fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Tragedi Notes Facebook Kopasan

Modem gue dipaksa mati suri lagi. Karena itu gue juga kena imbasnya. Sementara ini gue agak vakum dulu dari dunia blogging. “Agak” y...

Modem gue dipaksa mati suri lagi. Karena itu gue juga kena imbasnya. Sementara ini gue agak vakum dulu dari dunia blogging. “Agak” ya, artinya gue ga bener-bener vakum. Tapi minimal seminggu sekali gue sempetin ke warnet buat ngapdet blog ini. Gue cuma onlen di facebook dan tentu aja gue jadi jarang blog walking. Males juga kalo buka blog dari HP. Kadang-kadang gue kangen juga buat blog walking. Buat ngatasinnya gue baca-baca notes temen-temen gue. Istilahnya notes walking. *maksa*

Kalo baca notes temen, gue baca semua notesnya. Ga masalah notes itu baru ditulis atau pun udah lama banget ditulis. Soalnya kalo blog walking juga gue sering baca-baca postingan lama di blog-blog yang emang gue nilai bagus. Dari mulai gue cuma tau blognya Raditya Dika sampe sekarang udah banyak blog-blog bagus kek Bena Kribo, Samandayu, juga Kancut Beringas. Pokoknya blog-blog yang gue rasa tulisan-tulisannya emang bagus dan bisa menginspirasi gue ga pernah ragu buat ngejilatinnya dari mulai postingan pertama blog itu sampe postingan yang terbaru. Ada yang bilang kalo mau jadi pembicara yang baik maka kita harus jadi pendengar yang baik dulu. Gue rasa ini juga berlaku kalo kita mau jadi penulis yang baik maka kita juga harus jadi pembaca yang baik dulu. Itu alesannya kenapa gue baca notes temen-temen gue.

Kalo blog walking gue kadang gue ninggalin komentar setelah gue baca semua tulisannya. Itu juga yang gue lakuin pas gue baca notes temen-temen gue. Maksud gue cuma pengen ngasih apresiasi buat si penulis atau sekadar nyapa si penulisnya. Tapi ternyata pas gue ninggalin komentar di notes temen-temen gue, ada yang ngerasa keganggu. Beda sama kalo gue ninggalin komentar pas lagi blog walking. Buat yang ngerasa keganggu gue minta maaf aja. Tapi kali ini bukan itu yang mau gue bahas. Pas gue baca notes dari beberapa temen gue itu cukup banyak notes yang berupa kopasan dari blog.

Sebelumnya coba kita tengok ke belakang. Menurut gue setelah nyimpulin dari apa yang pernah gue baca, saat pertama kali blog diciptain fungsinya buat berbagi link artikel yang abis dibaca sama si blogger sambil nyisipin komentar si blogger setelah baca artikel itu. Gue rasa ini sama kek fungsi twitter yang bisa buat ngeshare short link dengan sedikit komentar. Di facebook juga ada fitur buat ngeshare link dan kita juga bisa nulis komentar kita terhadap link yang kita share itu. Mirip banget kek fungsi blog pas awal-awal sebelum berkembang kan?

Kata Si Tuto
 
Terus apa hubungannya sama notes facebook kopasan? Ada juga temen gue yang pernah bikin notes kopasan. Tapi pas udah jadi blogger dia berhenti bikin notes kopasan. Karena dia ngerti gimana rasanya kalo blognya kita dikopas orang. Tapi kalo temen facebook gue yang bukan blogger mungkin dia ga tau makanya dia tetep bikin notes kopasan. Emang sih notes kopasan itu nyantumin link sumbernya. Walopun kadang linknya itu mati alias ga bisa diklik. Kalopun ada yang komentar di notes kopasan itu yang mendapat apresiasi yaitu si pengkopas alias orang yang ngeposting notesnya. Bukan si blogger yang udah meres isi kepala buat nulis di blog. *halah* Tapi coba kalo si pengguna facebook ga ngopas isi blog itu tapi ngeshare linknya. Selain dia ga ngelanggar hak cipta orang lain dia juga ikut ngeapresiasi si blogger. Kalo emang mau ditag kan ngeshare link juga kita bisa ngetag temen-temen kita kek kalo kita nulis sebuah notes.

Selain itu ada yang ga kalah penting lagi. Kalo kita ngeshare link kan si pembaca bakal ninggalin komentar di blog si penulis bukan di notes si pengkopas. Jadi kalo ada saran atau kritik dari si pembaca maka si penulis bisa tau. Beda kan kalo si pembaca nulis komentar di notes si pengkopas mana mungkin si penulis tau kalo ada orang yang ngasih komentar atas tulisannya. Kecuali kalo si blogger juga ditag di notesnya tapi keknya itu ga mungkin deh.

Mau ngopas terus diposting di notes atau di blog. Itu sama-sama ngelanggar hak cipta. Buat berbagi lewat blog itu lebih gampang daripada berbagi lewat buku. Kalo buku kita harus ngasih bukunya tapi kalo di blog kita cukup ngasih link blognya. Jangan juga blog itu dikopas karena ngopas blog itu sama kek motokopi sebuah buku. Ngelanggar hak cipta si penulis, siapapun penulisnya.


Blogging 1000209514307263754

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. udah jarang buka fb euy...
    kupasan yg bagus.

    BalasHapus
  2. artikel yang ini gw kopas ya mas ke notes huahahaha. becanda.

    BalasHapus
  3. setujuuuuuuuuuuu bangeeeeeeet.... sakiiit tau gak rasanya kalau ada yang kayak gitu (kok gw jadi lebay?? hehe) tapi bener banget tuh, mending share blog nya ajaa,,, dari pada kopas2 gak penting... salam kenaal

    BalasHapus
  4. hmm... err... ini... *jleb!!*
    bang Uus pernah ngomen notes aku yg kopasan dari blog komersial itu. wkwkwk itu aku kopas waktu belom jadi blogger yang bener2 blogger. belom tau betapa susahnya nyari bahan tulisan.

    tapi sekarang udah gak pernah bikin notes kopasan lagi. malah sempet mikir buat ngehapus notes2 kopasan di FB =.=

    BalasHapus
  5. dimana pun penjahat dunia maya ada aja ya

    BalasHapus
  6. Kopas itu paling gak enak euy...
    Enak sih enak kalu ditautkan linknya. Coba kalau gak pke alamat yg diambil. Aduuuhhh, skit hatiiii... >.<
    Sm dgn foto Nining yg diambil oleh salah stu station radio, dehhh... JEngkll... >.< Izin kek ambil. HMB...

    BalasHapus
  7. hahahahha sampe capek kali ya tangan melacak pengopas ini.. dan mereka ngga ada habisnya deh

    BalasHapus
  8. kdg aku juga suka ngopas tulisan orang sih tp gak pnh gak ijin atau gak naroh link hidup..
    dan orang yang baca kopasan aku juga pasti memuji yang punya tulisan bukan aku si pengopas..

    sebenernya ngopas itu bentuk apresiasi aja biar lebih banyak orang yang tahu itu tulisan keren dgn ttp naroh link (hidup) dan gak ngaku2 itu karya sendiri..

    BalasHapus
  9. @Baha Andes: makasih, ini juga gara-gara cuma bisa onlen di pesbuk.

    BalasHapus
  10. @Ririz Noorrahmi: iya, sori juga kalo kemaren kikindi ngerasa keganggu. :D

    BalasHapus
  11. @Nonni Shetya: karena itu WASPADALAH!! *gaya bang napi*

    BalasHapus
  12. @EnnyLaw: mungkin agak sedikit beda persepsi ya? :D

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping