fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Gue Eksis Ngeblog, Kalau Lo?

“Siang malam ku selalu menatap layar terpaku untuk online online online online. Jari dan keyboard beradu pasang earphone denger lagu aku on...

“Siang malam ku selalu menatap layar terpaku untuk online online online online. Jari dan keyboard beradu pasang earphone denger lagu aku online online online online.” -Saykoji

Hello! Ketemu lagi sama gue, blogger pemalu (pengangguran manis dan lucu). Makin hari dunia maya makin sumpek aja ya sama yang namanya social media. Terutama makin sesek sama dua social media yang paling ngehits, facebook dan twitter. Meski kayak gitu gue tetep aja tergila-gila sama blog. Ngomongin masalah blog, entah kenapa kemaren gue kepikiran buat buka-buka arsip tulisan gue yang disimpen di leptop. Kebanyakan sih tulisan yang udah diposting di blog. Soalnya kalau lagi offline gue suka nulis di Ms Word atau kalau ga di Notepad dulu, sebelum diposting di blog. Tapi ada juga beberapa yang emang ditulis buat dikirim ke luar. Meski lebih sering gagal dimuat dan ujung-ujungnya gue posting juga di blog. Lagi kasak-kusuk ga sengaja gue nemu sebuah file. Ternyata itu adalah file tulisan pertama gue yang ditulis dua tahun lalu. Ini langsung gue capture loh tanpa gue edit dulu.

CI LUK BA!!


Astaga masbro! Gue hampir ga percaya ngelihat sederetaan huruf arab di awal tulisan. Sereligius itukah gue dulu? Maklum masih fresh graduate asrama Darmaloka. Kalau dilihat dari tulisan itu berarti dulu gue udah punya mimpi buat punya blog. Apalagi tulisan itu disimpennya dalam format blog post. Tapi kalau terus discroll ke bawah gue jadi pengen muntah aja bacanya. Gue hampir ga percaya kalau itu tulisan gue. Bahasanya kok alay banget dah. Untung hurufnya ga sampai naek turun segala. Sumpah gue malu sendiri baca tulisan ini. Harusnya ga usah dah gue lihatin tulisan ini sama orang lain. Apalagi sampai gue posting di blog. Tapi demi kalian apa sih yang ga?

Kalau ngomongin masalah alay, ternyata tulisan itu masih ga ada apa-apanya. Itu baru pemanasan doang. Ada kenyataan pahit lainnya yang ga bisa diterima sama akal sehat gue. Gue nemu bukti lain yang bikin gue divonis sebagai mantan alay. Jantung gue hampir copot mamen. Harga diri gue langsung merosot tajam gara-gara sebuah foto yang ga sengaja gue temuin di leptop. Dunia persilatan pun bisa runtuh gara-gara gonjang-ganjing poto ini.

JEDERRR!!!


Sumpah itu dipotonya tiga tahun lalu. Gue yang sekarang udah ga alay lagi kok, beneran. Itu kacamata warisan kakak gue yang dikirim langsung dari tahun 80-an. Kepala miring disenderin ke tembok dengan poni agak dilempar terus dipoto dari atas. Pantes banget lah itu poto dibilang alay. Gue juga ga tahu kenapa kutukan alay gue bisa hilang. Mungkin waktu itu ada tuan putri cantik yang ngejedotin kepala gue ke jamban sampai gue amnesia dan kutukan alay gue hilang. Ah, mungkin itu juga yang dialami sama Nunun Nurbaetie sampai dia setengah amnesia gitu. Atau mungkin bener kata salah seorang temen gue kalau alay itu sebuah fase menuju dewasa yang harus dilewati semua orang. Jadi kealayan gue pun hilang dengan sendirinya. Gue salut sama anak-anak alay jaman sekarang. Mereka tetep eksis dengan kealayannya di tengah cercaan jaman yang semakin keras. Karena gue eksis jadi alay cuma di leptop gue doang. Gue ga eksis sebagai alay di internet. Tarif internet kala itu juga emang masih terbilang mahal. Kalau pun mau onlen gue harus pergi ke warnet.

Ngomongin tarif internet, emang jaman dulu tarif internet ga semurah sekarang. Karena itu tulisan-tulisan sama poto-poto gue jadi arsip pribadi doang, ga dipublikasiin. Tapi untung buat gue, karena gara-gara itu poto alay gue ga terekspos ke seluruh dunia. Barulah tahun 2010 gue dikasih modem sama kakak gue. Tarif internet juga udah ga terlalu mahal. Tiap provider berlomba-lomba buat ngobral tarif internet termurah. Salah satunya adalah AXIS. GSM yang baik yang ngusung tag line “INTERNET UNTUK RAKYAT”. Gara-gara itu jugalah akhirnya gue mulai bisa eksis ngeblog. Awalnya gue kebelet pengen bikin blog gara-gara sering ngepoin blognya kakak tingkat gue di kampus. Tapi sayang banget sekarang blognya udah dihapus.

Ngeblog itu kalau kata gue kayak belajar naik sepeda. Awalnya kita bakal ngerasa kalau ngeblog itu susah banget. Tapi kalau fase itu udah dilewatin ngeblog itu jadi gampang banget. Malahan bisa jadi kayak ngerokok. Bikin ketagihan. Tiap ada hal unik yang kita temuin yang terbersit dipikiran kita adalah kebelet buat bikin postingan tentang hal unik itu. Ngeblog itu ga susah. Asal bisa nulis sama ngerti internet kita udah bisa ngeblog. Kalau ada orang yang bilang dia ga bisa ngeblog gue rasa dia ga tau aja kalau sebenernya dia juga bisa ngeblog. Kalau ga dia cuma ga ada minat dan males aja buat ngeblog.


Gara-gara ngeblog gue bisa punya banyak temen dari berbagai penjuru dunia. Dari mereka gue bisa tahu pengalaman-pengalaman mereka yang belum pernah gue alami. Misalnya aja blognya Basith, anak Indonesia yang sekolahnya nyasar ke Jerman. Meskipun kecil kemungkinannya buat bisa ketemu sama temen-temen yang gue kenal lewat internet, khususnya sesama blogger. Tapi beberapa kali gue pernah ketemu sama temen-temen blogger yang gue kenal lewat internet. Istilah bekennya kopdar a.k.a kopi darat. Salah satunya di acara So-Me Playground kemaren. Masih inget ga? Itu loh, the biggest social media party in Indonesia yang diadain sama AXIS di Pantai Carnaval Ancol akhir tahun kemaren. Kayak yang ditwitpic juga sama akun @InternetRakyat, di ‘So-Me Playground’ itu gue bisa eksis sama anak-anak blogger Kancut Keblenger.


Mungkin ini berat banget buat diterima sama akal sehat. Tapi akhir tahun kemaren poster blog gue juga sempet eksis di fX Plaza, Jakarta. Waktu itu kebetulan gue jadi nominator sebuah lomba blog yang diadain sama Australian AID duet sama VIVAnews.com dalam rangka World AIDS Day, GoVlog AIDS. Setelah sebelumnya gue dikirim buat field visit ke Bali sama sembilan nominator lainnya. Yang bikin gue bangga yaitu karena dalam acara awarding di fX Plaza itu juga hadir Om Enda. Pada tahu kan siapa Om Enda? Yap, dia adalah Bapak Blogger Indonesia. Suatu kebanggan buat gue ketika gue bisa ketemu sama Bapak Blogger dan tentunya blog gue juga sempet dilirik sama Bapak Blogger kita itu.


Kalau masih ngerasa kesulitan buat mulai eksis ngeblog, mulai aja nulis apa yang lo temuin dalam rutinitas sehari-hari.  Bisa juga ngeblog sesuai sama hobi lo. Kalau lo seorang hijaber yang suka fesyen, posting aja tips bikin hijab yang modis. Kalau lo suka ngegambar, posting aja gambar-gambar bikinan lo. Atau kalau kesusahan buat ngeblog sendirian, ajak aja temen yang punya hobi yang sama buat ngeblog bareng-bareng. Kayak temen-temen gue yang kreatif-kreatif ini. Gue ngaku-ngaku temen kayak gini semoga aja mereka juga ngakuin gue jadi temennya. Lihat aja gambar di atas. Gambar itu gue comot dari header blog mereka. Yap, mereka adalah tiga orang anak Labschool UPI, Ririz, Kinan, dan Uti, yang ngurus bareng-bareng blog yang mereka kasih nama WCD a.k.a  We Can’t Draw.

Ceritanya bermula ketika Uti ngepos gambar pertamanya ke blog pribadinya yang bikin Ririz terkejut. Karena awalnya Ririz ga nyangka kalau Uti bisa se’wah’ itu ngegambarnya. Sebelumnya Ririz udah tahu Kinan juga bisa ngegambar. Gara-gara kalau di sekolah Kinan suka ngegambar di bukunya Ririz. Nah, beberapa hari kemudian Ririz kepikiran kenapa gak bikin blog yang isinya khusus gambar. Karena kebetulan mereka juga satu sekolah dan temenan udah cukup akrab. Sampai tanggal 23 agustus 2011 lahirlah WCD dengan admin Ririz dan Kinan sama Uti sebagai author. Kreatif banget kan? Ga ada salahnya juga tuh buat ditiru. Ga mesti gambar, bisa aja hobi yang lainnya kayak fotografi misalnya.

Sampai kapanpun, selama internet masih ada di muka bumi ini gue bakalan tetep eksis ngeblog. Meski udah ga ada lagi yang melipir ke blog gue. Makasih banyak buat yang selama ini udah mau melipir ke blog gue. Secara ga langsung itu jadi dukungan moral tersendiri buat gue tetep eksis ngeblog. Semoga ke depan blog gue bisa lebih bagus lagi dan lebih bermanfaat buat para pengunjungnya. Eksis itu bukan berarti narsis. Eksis itu kita berani buat nuangin imajinasi dalam suatu media. Bukan kebetulan gue milih blog sebagai media buat nuangin imajinasi gue. Tapi jangan lupa juga buat tetep ngehargain hak cipta orang lain. Jadi, nunggu apalagi buat mulai eksis ngeblog kayak gue?



Blogging 6700334537073114524

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. uhuk uhuk... numpang eksis ya kakaaa :3

    itu foto berkaca matanya gak nahaaaaan XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ririz Noorrahmi: bayar woi, udah numpang eksis di sini. :P
      errr.. jangan nyebut-nyebut poto itu, malu. :3

      Hapus
  2. whahahaha
    sumpah. pertama kali buka blog terus yang keliatan fotonya, langsung ngakak kwkw :p

    itu yang di capturean artinya huruf "V" apaan ? (-_-")

    aku ikutan ngeksisnya axis juga sih, tapi belom aku posting :3
    kurang setengah perjalanan lagi buat ngrlarinnya *CURHAT

    wkwkwk
    semoga menang ya kakak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rusydina Tamimi ♥: puas-puasin deh ketawanya. gue seneng bisa nyenengin orang meski hati gue PEDIH, PEDIH!! *diulang biar lebih dramatis*
      V itu artinya tapi, masa sesama mantan alay ga ngerti. (__")
      amiin.. ayo dong di selesein postingannya. berani ga buka-bukaan kayak gini? :P

      Hapus
  3. woaaa ngeblog itu perjuangan juga ya kaka :3 wkwk nicepost ;)
    btw fotonya itu ehem err whatever XDD yg penting skrg udah sembuh :D dan tulisan.. gue ngakak bgt baca tulisan lo dulu ka wakakaka :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mutmainnah Taufik: makasih.. :)
      sukur deh kalau bisa bikin orang ketawa. :D

      Hapus
  4. ngeblog itu emang seruuuu... :D

    itu kacamuka nya keren,, gkgkgkgk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @emje: yuhu!! seru banget. :D
      kacamata woi, bukan kacamuka. T^T

      Hapus
  5. boleh nih diikutin lombanya..hhe

    BalasHapus
  6. Wah.. Kita sama.. Kita sama2 mantan alay.. *toss.. Aseli ngakak ngeliat photo itu.. Di post dong tulisan pertamanya kakak.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Afrinaldi: hedeh.. baru kali ini ada orang girang banget ngaku mantan alay, selain gue tentunya. (--")a
      tulisan pertamanya yang dicapture itu. :P

      Hapus
  7. bacanya tadi,,baru komen skrg hahhaha..

    ngiler ane liat posternye >,<
    beuh beuh beuh alimnyaaa tu tulisan pertamanyah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ca Ya: lap dulu ilernya. :P
      ga nyangka ya dulu bisa kayak gitu. :P

      Hapus
  8. Alamaaakkk!! Itu fotonya kek Jarwo Naif jaman dulu... Mwahahahaaa :))

    Btw, itu yg VIVA AIDS prasaan dipublish mulu. Bangga sangat yeh? Xixixiii.... Bagus2 anak muda... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @LaDyRoCKeR: wah nambah lagi kalau gitu artis yang mirip gue. =P
      kan temanya "eksis" kakak, jadi buat nambah keeksisannya. :D

      Hapus
  9. i saw my name being mentioned

    first blogwalking. nice to meet you!

    minta uang dong!

    *kabur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Uti: errr.. baru pertama mampir udah minta uang. gambarin dulu dong. :P

      Hapus
  10. itu tampilan word dua ribu sepuluh ye bang?

    BalasHapus
  11. alay itu sebuah proses dalam hidup lhoo
    harus disyukuri
    lebih disyukuri kalo udah nggak alay lagi XD

    tu potonya sumpah lahh
    bikin ngakak
    haha

    baru pertama berkunjung
    salam kenaall :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mey manurung!: pasti pernah alay juga ya, bisa ngomong gitu. XD
      salam kenal juga kakak. :))

      Hapus
  12. Yes, gue setuju.. Gue kemarin gue juga ngeksis di So_MePlayground tapi gak bareng kalian kancut2.. :/

    BalasHapus
  13. alay itu sebuah proses dalam hidup lhoo
    harus disyukuri
    lebih disyukuri kalo udah nggak alay lagi XD

    tu potonya sumpah lahh
    bikin ngakak
    haha

    baru pertama berkunjung
    salam kenaall :))

    BalasHapus
  14. Uwoooooow!! Namaku ngeksis dipostinganmu bang, *menggelinjang* pake link aktif pula wahahaha jadi terharu ini :D Itu bang, kalo kata rhoma irama duet ama syahrini, fotomu terlalu sesuatu hihihihi ~(^_^)~ Semoga menang yak! Aku mau ikut lomba Axis tapi sayang harus domisili di Indonesia >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. @BasithKA: waha pake terharu segala. :D
      udah terlalu, sesuatu lagi. XD amiin.. puk puk deh kalo ga bisa ikutan. :P

      Hapus
  15. @Fiscus WannabeEh, iya yah. Udah di-capture kan yah.. Aku kirain masih ada sambungannya, ternyata pas diliat di scroll office-nya, udah sampai selesai. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Afrinaldi: makanya jangan terlalu terkesima sama poto di bawahnya. :P

      Hapus
  16. Huehehehehe, iya tulisannya kadar ke-alay-an masih lumayan rendah deh kayaknya. :) Semakin eksis deh bang... Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Just Nanda...: haha emang ga pernah lebih alay dari itu kok. :P

      Hapus
  17. aku ngeblog ga pake target
    senyampenya aja dah...

    BalasHapus
  18. wahh,, setuju bang..
    lebih baik ke'eksisan kita dituangkan dalam hal yang positif kayak nge-blog ini.. kan lebih banyak manfaatnya.

    btw,, blognya kece juga. salam kenal.. ^^

    Garten Paradise

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping