fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Pengangguran Versus Tukang Ramal

Tepat seminggu kemaren seluruh langit di segala penjuru dunia gegap gempita dihiasi kilauan kembang api. Ga peduli berapa milyar duit y...


Tepat seminggu kemaren seluruh langit di segala penjuru dunia gegap gempita dihiasi kilauan kembang api. Ga peduli berapa milyar duit yang dihabisin demi kepuasan sesaat di malam tahun baru itu. Tat-tet-tot bunyi terompet semakin menjadikan khas malam tahun baru. Selain kembang api dan terompet ada satu hal lagi yang ada sangkut-pautnya sama tahun baru. Ramalan. Selain tukang kembang api dan terompet, tukang ramal juga ikut mendulang rejeki di tahun baru. Banyak orang yang percaya ramalan berbondong-bondong ngedatengin tukang ramal. Di tipi dan radio juga banyak acara yang ngedatengin tukang ramal. Macemnya juga beda-beda. Mulai dari Primbon, Zodiak, Shio, sampai ramalan teh.

Sebenernya gue bukan orang yang percaya ramalan. Tapi karena kemaren heboh banget orang ngomongin ramalan gue pun jadi ikut merhatiin. Perhatian gue tertuju sama ramalan Shio. Shio ini berasal dari Cina. Tapi ada hal aneh yang gue lihat dari ramalan ini. Kucing. Di beberapa mitologi, kebudayaan, atau apalah namanya, kucing termasuk binatang yang cukup disakralin atau diistimewain. Di mesir misalnya. Ini diceritain di film Cat Woman juga. Tapi gue heran aja gitu. Dalam ramalan Cina kok ga ada Shio Kucing ya? Apa orang Cina takut kucing? Lalu gue iseng-iseng nanya sama beberapa orang temen-temen blogger.


Kemaren itu Pipit (bukan Fifit soalnya susah ngomongnya), ngasih tahu alesannya. Sebagai seorang blogger meong, eh, maksud gue blogger pecinta meong ternyata dia tahu banyak cerita buat ngejawab tanda tanya gue tadi. Katanya masalah kucing yang ga ada di Shio itu ada hikayatnya. Di anime Fruits Basket juga nyeritain asal-muasal kenapa kucing ga masuk Shio. Anime Fruits basket ini nyeritain keluarga Shoma. Satu keluarga itu kalau dipeluk sama cewek semuanya berubah jadi 12 binatang Shio dan kucing. Di situ diceritain kalau gara-gara tikus kucing jadinya ga masuk Shio. Katanya tikus nipu kucing. Jadi pas pengesahan *cie* jadi Shio kucing telat dateng.  Makanya di anime itu, cowok bego tapi cool yang jadi kucing (Kyo) sama tikus (Yuki) bertengkar mulu.

Tapi beda lagi kalau versi hikayatnya, kata Pipit. Dalam legenda terdapat 13 binatang, yaitu tikus, anjing, ular, naga, kelinci, kerbau (sapi), kambing, ayam (burung), kuda, babi, macan, monyet, dan kucing. Pada zaman dahulu kala ada seorang dewa (kok seorang? sedewa aja kali ya..) yang punya kekuatan yang sangat luar biasa. Namun, sang dewa merasa sangat kesepian. Saat itulah seekor kucing ngedeketin sang dewa. Kucing itu sangat setia dan selalu ada di samping sang dewa. Karena ketulusan kucing itu sang dewa ngadain jamuan makan. Dia ngadain pesta besar-besaran dan ngundang semua binatang. Semua binatang pun hadir dan menari di bawah sinar rembulan. Tapi suatu ketika kucing itu jatuh sakit. Semuanya tampak sedih. Sang dewa ingin meminumkan cawan kepada kucing sebagai bukti kekekalan. Tapi kucing menolak. Dia ga mau hidup kekal. Lalu kucing menutup matanya. Semuanya jadi benci sama kucing kemudian ga menganggapnya dalam Shio.

Cerita di anime Fruits Basket sama cerita hikayat itu beda di tengahnya doang. Kan tadi diceritan kalau di Fuits Basket tikus yang jadi provokator makanya kucing ga jadi Shio. Sementara dalam cerita hikayat itu kucing dianggap penghianat. Gue ga tahu ini bener apa ga. Tapi keknya ada hubungannya sama hikayat kenapa kucing dianggap sebagai hewan bernyawa 9. Mungkin karena ada sedikit cawan yang udah keminum kek cerita di hikayat tentang Shio itu.


Emang sih bagi banyak orang ramalan udah dianggap sebagai sesuatu kebutuhan. Buktinya banyak majalah yang khusus nampilin rubrik ramalan. Apalagi majalah remaja. Di majalah anak sekolah termasuk mading  juga pasti ada ramalan zodiaknya. Selain ramalan, ada hal lain yang cukup ngetren di majalah remaja. Ya, cara nyari tahu karakter orang dari barang yang dia pakai atau dari ciri-ciri fisiknya.

Kemaren gue iseng-iseng baca majalah anak SMA. Ya, bacaan gue 2 tahun lalu pas masih jadi anak SMA. Di majalah itu dibahas macem-macem karakter cowok dari jenis kancut yang dia pakai. Ya kancut, pakaian yang dari segi keamanan berguna banget buat ngelindungin perabot kita dari kemungkinan kejepit resleting kalau lagi dibuka atau ditutup. Misalnya g-string yang katanya dipake sama cowok yang punya sifat sabar, cenderung ngutamain penampilan daripada kenyamanan, dan dipakai cowok yang bertipikal menyukai sensasi, up to date, dan ekstrim. Pas lagi baca majalah itu gue kok ngerasa ada angin sepoi-sepoi dari bawah ya. OMG!! Gue lupa kalau ga pake kancut. It’s so kancut mamen! Udah beberapa hari ujan terus-terusan. Kancut gue belum kering semua jadinya.

Kalau ngacu sama majalah yang lagi gue baca berarti gue lagi jadi cowok yang ga berkarakter soalnya gue lagi ga make kancut. Selain karekter cowok dilihat dari jenis kancut yang dia pakai, juga dibahas karakter cowok berdasarkan warna kancutnya. Misal, biru berarti tipikal cowok itu santai dan keknya lagi ngerencanain sesuatu yang spesial kek mau nembak. Berarti cowok yang make kancut biru playboy ya. Soalnya tiap hari dia ngerencanain buat nembak cewek. Atau kalau kuning berarti cowok itu suka berpikiran jernih karena warna ini cukup mencolok mata. Apalagi kalau kancutnya dicolokin ke mata kamu. Eaaa. Mencolok banget itu. Lagi-lagi gue jadi cowok yang ga berkarakter karena warna kancut gue transparan alias ga make kancut. What the kancut!!! Soalnya transparan itu ga ada deskripsinya. Padahal ya, emang tiap orang punya kancutnya satu warna doang? Ga kan? Gue yakin tiap orang punya kancut lebih dari satu warna.

Selain itu, ada juga yang ngelihat karakter cowok berdasarkan gaya rambutnya. Kek yang bisa dilihat di gambar di samping. Ada 12 gaya rambut. Mulai dari rambut kribo, gimbal, mohawk, sampai poni lempar ala vokalis kenjenben (gue ga sebut nama loh yah). Ngenesnya di situ ga ada gaya rambut botak. Berarti cowok-cowok botak nasibnya sama kek gue tadi, ga punya karakter. Free puk puk for Upin Ipin.

Ternyata kengenesan gue ga cuma sampai masalah kancut tadi. Tahun baru kemaren gue dengerin radio. Di situ lagi ngebahas ramalan buat tahun 2012. Ada tukang ramal juga yang dateng ke radio itu khusus buat ngeramal pendengar radio itu. Gue penasaran. Gue putusin buat nelpon ke radio itu.
“Haloo.... gue Rahmat.”
“ Haloo.. Oke Rahmat, mumpung lagi ada Mbah Jambrong nih. Mau diramal apa?”
“Gue mau tahu gimana ya karir gue di tahun 2012 ini?”
“Tanggal lahir lo berapa..?”
“ 20 September 19XX, Mbah.” sengaja disensor soalnya suka banyak yang ngiri.
“Hmm.. kalau menurut penerawangan Mbah karir lo bakalan tetep stabil kok. Ga usah khawatir karena tahun depan lo bakalan tetep mertahanin kerjaan lo sekarang. Bahkan kerjaan lo sekarang ini bakalan terus menanjak.”
“Tapi gue tetep khawatir Mbah denger ramalan itu.. Buat gue itu lebih horor daripada ramalan kiamat 2012. :/”
“Kok bisa? Kan ramalannya bagus.” si penyiar heran.
“Dilihat dari mana aja keknya kerjaan gue ini ga ada bagus-bagusnya. Jadi mertahanin kerjaan gue sekarang bukan hal yang bagus buat gue.”
“Emang lo kerja apa sih kok segitunya?”
“Gue pengangguran..” kemudian hening.
Jangkrik mana? Mana jangkrik?

Buat yang suka diramal gue sih ga ngelarang. Tapi yang pasti gue ga percaya sama yang namanya ramalan. Sekian. KEEP BLOGGING en KEEP GALAUING!!


Blogging 4441521557749589619

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. haha salam meong gan


    #kucingAir

    BalasHapus
  2. @DIKA: salam meme..meong juga.
    #buayadarat eh #kucingdarat

    BalasHapus
  3. kasihan si meong... :3

    klo pernah denger tuh, waktu dulu katanya ada 13 binatang yang di test oleh para dewa untuk jadi shio, dan kucing ga menang gara-gara ga bisa berenang... *lupa pernah baca dimana*

    BalasHapus
  4. yaelah... test nya dewa aneh-aneh aja.... masak kucing di test berenang... :3

    kecuali ane si kucing air.... hahaha *nyemplung nyari ikan* miau...


    #kasian si kucing duduk mojok di bawah shower di tinggal ke 12 temennya.. :( mioouu..

    BalasHapus
  5. sama saya juga gak percaya ramalan.

    BalasHapus
  6. weleh weleh, yang pasti pasti aja yee.. kunjungn perdana dari sesama blofers

    BalasHapus
  7. hahaha kbetulan,,kmren tmen ane abis nyeritain soal ramalan...
    crtanye lg mw malem taon baruan..mreka brkunjung ke kota tua..udeh gtu ada seorang peramal. salah 1 tmen ane yg rada ababil, tnpa babibu blablabla lgsg nyamperin tu peramal n minta diramal. Berhubung mreka ky'a blm berpengalaman,,tiba2 pas abis diramal, si peramal minta upah 50RIBU muehehhe...*toeng2 dah tu mreka kbakaran jenggot*

    BalasHapus
  8. @DIKA: kucing juga udah bisa ngegalau di bawah shower ya? haha

    BalasHapus
  9. @@yankmira: tapi sayangnya di Indonesia ga ada yang pasti. huhu

    BalasHapus
  10. @Ca Ya: et dah.. kalau gue bisa langsung ngegembel itu baliknya. haha

    BalasHapus
  11. ya udahlah biarin aja. kucing jadi peliharaan di rumah gak usah jadi tahun tahun..

    19XX apa itu ujungnya?? huakakakak XD

    BalasHapus
  12. @Ririz Noorrahmi: tuh kan beneran ada yang sirik kalau nyinggung-nyinggung umur. :/

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping