fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Twitter sebagai Alternatif Ngeblog

Tadi malem gue ga sengaja ngelihat twit salah seorang temen. Ngelihat twit itu gue jadi penasaran buat ikut ngejawab twit gue itu.  Tan...


Tadi malem gue ga sengaja ngelihat twit salah seorang temen. Ngelihat twit itu gue jadi penasaran buat ikut ngejawab twit gue itu.  Tanpa basa-basi lagi,  mari kita mulai *ehm* investigasi ini.

Menurut gue ngetwit juga bisa disebut sebagai ngeblog. Karena twitter atau microblog lainnya adalah blog alternatif buat orang-orang yang pengen ngeblog tapi ga mau nulis panjang lebar. Berikut beberapa argumen gue atas pernyataan gue tadi. Sebagai langkah awal gue nyoba buat ngutip ucapan orang yang pertama kali make kata blog atau weblog. Menurut Jorn Barger, blog adalah kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Dari kutipan di ucapan Jorn Barger itu kita bisa ambil benang merahnya.


1. LINK KE WEBSITE LAIN 

Pada mulanya blog merupakan catatan perjalanan seseorang di internet, yaitu link ke website yang udah dikunjungi dan dianggap menarik. Kemudian blog jadi jauh lebih menarik lagi daripada sebuah daftar link. Ini disebabkan karena biasanya blogger juga ga lupa buat nambahin komentar-komentar mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka terhadap link yang mereka temuin. Pembatasan karekter yang cuma 140 juga punya pengaruh terhadap peningkatan penggunaan layanan buat mendekin link kayak bit.ly, goo.gl, dan tr.im. Twitter juga make bit.ly buat secara otomatis mendekin semua link yang ditwit.


2. WEBSITE PRIBADI

Dari segi etimologi, blog berasal dari kata weblog. Weblog sendiri terdiri dari dua kata dasar, yaitu web dan log. Definisi abal-abalnya web adalah halaman internet yang ngomongin topik tertentu dan kadang ditambahin juga sama  link, gambar, audio, atau video. Sementara, log adalah catatan dari sebuah aktivitas. Cukup jelas kalau disimpulin bahwa blog adalah catatan perjalanan seseorang di internet. Kayak yang udah gue bilang tadi kalau blog adalah website pribadi yang isinya bisa curcolan, opini-opini pribadi, bahkan ekspresi sarkasme dari seorang blogger. Dan itu juga ada pada dunia twitter. Karena sebuah twit bisa berisi curcolan, opini singkat, juga link yang mengarah pada website halaman lain atau pada sebuah file multimedia: gambar, audiao, atau video. Karena karakternya juga dibatasin maka buat nyertain multimedia dalam sebuat twit kita bisa make jasa hosting konten kayak Twitpic dan Tweephoto.


3. SELALU DIUPDATE

Menurut gue orang yang punya blog belum tentu blogger kalau dia jarang update. Makanya suka ada istilah blogger murtad. Logikanya simpel aja, orang yang punya bola ga bisa disebut pemaen bola kalau bolanya  ga pernah dia pake dan cuma buat pajangan. Kan tadi kata Jorn Barger juga blog adalah kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu. Nah, sekarang kita lihat twitter. Berapa kali kalian ngetwit dalam sehari? Cukup sering kan? Jadi pantes dong kalo ngetwit juga kita artiin sebagai ngeblog.


4. SALING BERKOMENTAR

Dalam sebuah blog biasanya kan suka ada kotak komentar buat kita ngomenin isi postingan di blog itu. Nah, di dunia twitter juga kita bisa ngomentarin secara langsung twit temen kita lewat konten Reply. Selain komentar secara langsung pake Reply tadi kita juga bisa ngeshare twit temen kita lewat konten Retwit (RT). Bahkan di belakang RT itu kita juga bisa nambahin komentar atas twit temen kita tadi.


Mikro blogging udah jadi alternatif buat orang yang pengen nulis di internet tapi ga mau bikin blog. Twitter atau mikro blogging lainnya juga diciptain buat orang yang suka nulis tapi ga terlalu panjang lebar. Twitter juga bisa dipake buat nyebarin informasi dengan singkat dan padat, tanpa perlu atau harus ngejelasin panjang lebar. Cukup subjeknya atau hal yang paling pentingnya aja. Misalnya ada @fiksimini yang bikin cerita dalam 140 karakter dan masih banyak lagi akun twitter kreatif lainnya yang bikin microblog bener-bener jadi blog.


Blogging 4572215276176137476

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. kalau ngebaca dari uraian diatas kaya nya emang bener pas sama judulnya kalau Twitter alternatif Ngeblog..

    mantep uraiannya..

    BalasHapus
  2. bener juga sih ya, tapi gak enaknya kalo twitter itu terbatas penyampaiannya, takut ada miss-understanding. kalo dibikin macem kultwit bisa sih, tapi tetep aja ribetlah ya mending nulis seutuhnya di blog. hihihi. but nyari duit di twitter lbh gampang dr blog :p

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. bener juga sih, tapi twitter g bisa sebebas blog...katanya terbatas lagi. catatan di FB jg bisa tu alternatif ngeblog

    BalasHapus
  5. iya buat yg belum familiar ama blog, twitter bisa jd solusi lah hohoho

    ngga ribet dan praktis plus instan :)

    BalasHapus
  6. Blogger murtad..
    Hmm.. Kok kayaknya ke gue bgt ya.. Jarang apdet blog grgr males soalnya huahaha
    Nice post kak! :)

    BalasHapus
  7. mm..tapi tetep aja kalo menurut gue mah jurig twitter ga bisa di samain sama dedemit blog.titik.

    BalasHapus
  8. kalo pengen nulis panjang mending di blog.
    menurut situs yg tidak mau disebutkan alamatnya (yaitu malesbanget.com), kultwit bisa dikategorikan kedalam kejahatan Twitter (Twitter Crime) jika ditulis lebih dari 20 twit. Lebih kejam lagi kalo di tiap twitnya dipasangi TwitLonger.

    BalasHapus
  9. tapi kadang gue kalo males dan ga sempet ngeblog pengen curhat pasti ngetweet bangeettttt....

    BalasHapus
  10. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto-foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Blogger Murtad? Hmm *garuk-garuk pala* haha
    Soal twitter sebagai microblog. Iya, juga yah. kan sering banget diupdate. Hehe Nice posting.

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping