fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Malam Penganugerahan Indonesia Human Rights Blog Award

Indonesia Human Rights Blog Award (IHRBA) adalah kompetisi ngeblog yang diadain sama Indonesia Media Defense Litigation Network (IMDLN) dan (Institute for Criminal Justice Reform (ICJR). Kompetisi yang ngambil tema "HAM di Sekitarmu" udah ngelahirin 20 tulisan yang mmasuk nominasi dengan 2 pemenang dari ratusan tulisan dari puluhan blogger yang ikut kompetisi ini.

Buat ngumumin pemenangnya di pilihlah tangga 29 Juni 2012 di ruang auditorium Museum Gajah. Kebetulan kemaren itu gue ada rapat di daerah Ancol. Jadi lumayan jauh juga buat dateng ke tekape. Padahal kalau dari kantor tinggal ngesot beberapa jengkal. Untung rapatnya cepet kelar jadi gue bisa lebih awak cabut ke tekape. Gue berangkat bareng sama si bos yang kebetulan lagi kursus WMI di daerah Menteng. Udah pinter aja masih kursus, lah gue?

Ternyata gue dateng kepagian. Tapi di sana udah ada beberapa orang yang dateng. Di antaranya ada dua sejoli yang di buku tamu gue lihat kalau salah satunya blogger. Firasat gue mengatakan bahwa dialah juaranya. Soalnya doi bawa tas pakaian yang nandain kalau mereka dateng dari luar kota. Setahu gue, ga mungkin yang di luar kota dipaksa dateng kalau ga jadi juara. Kayak Mba Vina dulu.


Di sana cukup banyak makanan. Sayang siangnya gue terlalu banyak makan daging kambing. Jadi gue mabok kambing dan ga bisa icip-icip semua makanan yang ada di sana. Gue cuma nyicipin semangkok pempek dan tahu gejrot. Itu masih dibilang cuma loh ya. Acara yang dimeriahkan sama pertunjukan seni "Diferensia" dari teman-teman difabel ini juga dihadiri sama Ketua Komnas HAM. Ada Jeremy Teti yang jadi MC-nya loh.

Ini dia para pemenangnya. Ternyata bener firassat gue tadi. Kedua pemenangnya berasal dari luar Jakarta. Mereka adalah blogger-blogger dari Kota Kembang. Wuih selamet ya buat akang-akang yang dapet award tahun ini. Semoga tahun depan acara ini masih tetep eksis.



Kang Yudha P Sunandar kepilih buat jadi pemenang kategoti umum. Gue juga ga ngerti apa yang jadi parameter kategori khusus atau umum. Gue kepoin blognya ternyata Kang Yudha ini aktif nulis di beberapa media cetak juga, salah satunya Pikiran Rakyat. Tahun 2008 sampai 2009, pernah jadi koordinator komunitas Bandung Kota Blogger (Batagor.net). Sekarang Kang Yudha ini jadi Asisten Manajer Bidang Media YPM Salman ITB, pemimpin redaksi Salmanitb.com, general manager SalmanRadio.com, dan praktisi jurnalisme online. Tuh kan? Pengalamannya aja udah seabrek-abrek gitu. Makanya pantes aja doi dapet award ini.


Kalau pemenang kategori khusus yaitu Ricky Mardiansyah. Ga gue panggil akang soalnya umurnya juga ga jauh beda sama gue, beda setahun doang. Kategori khusus IHRBA ini hadiahnya jalan-jalan ke Jawa Tengah. Bikin ngiler aja tuh. Gue kepoin lagi dah tuh blognya. Wow! Ricky ini baru aja menangin lomba blog Nuffic Neso Indonesia yang hadiahnya hadiah summer course di Utrecht Summer School di Belanda. Makin ngiler aja gue. Belom lagi pemenang kategori umum IHRBA ini juga dapet Macbook.


Kalau ngomongin masalah HAM, gue jadi inget beberapa minggu lalu pas gue ikut diklat. Pas penutupan, Ketua Pusdiklat Keuangan Umum ngasih ceramah tantang capacity building. Di situ dipaparin perbedaan negara miskin dan negara kaya. Salah satu faktor yang nentuin adalah HAM. Mungkin banyaknya pelanggaran HAM di Indonesialah yang jadi salah satu penyebab kenapa Indonesia masih tetep jadi negara miskin.

Award kayak gini merupakan suatu pengakuan buat para blogger. Bahwa blogger juga punya peran penting. Termasuk buat kampanye masalah HAM. Karena blog ga cuma jadi media buat curcol kayak gue. Masalah HAM ga cuma harus jadi bahan ngerumpi para hakim, advokat, atau aktivis HAM. Kita juga sebagai warga Indonesia harus ikut ngerumpiin masalah HAM ini. Karena setiap hari kita ga akan lepas dari pemandangan pelanggaran HAM. Coba tengok ke jalanan di depan. Ada ga motor yang masuk ke trotoar buat ngerampas hak pejalan kaki? Itu salah satu pelanggaran HAM loh!

UPDATE: Setelah ada ralat dari pemenangnya, ternyata kategori yang gue tulis kemaren ketuker. Tulisannya juga udah gue ralat. Tapi karena caption potonya susah diralat jadi gue belom sempet ngegantinya. Mohon maap atas ketidaknyamanannya. :)

____________________
BEWARA: Sebagian poto dalam tulisan ini dicomot dari akun twitter @idhamblogger.


Blogging 6527274396959776583

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Wah.. saya mah masih nyubi di perblog-an.. hebat2 ya itu pemenangnya.
    Jadi, HAM ya. Hmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Retno Dwi Lestari: ga ada nyubi dalam ngeblog, yang ada nyoba. :D
      HAM bukan hmm. :P

      Hapus
  2. Semoga tambah maju saja perbloggeran di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Coretanku: ya, semoga semakin punya peran dalam masyarakat. :D

      Hapus
  3. wuih, ini tentang acara yang kemarin, ya, mas?

    oh yah. tas besar itu bukan karena nginep d jakarta untuk menghadiri acara tersebut. tapi karena kebetulan ada d bogor beberapa hari sebelumnya. trus, karena dekat, akhirnya mampir deh k jakarta. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Y: iya. :D
      ah jadi malu, ngomongin orang eh ketahuan sama orangnya. (づ_ ど)

      Hapus
  4. wow ada lomba kaya gitu juga, masih belum kenal jauh nih dunia perblogeran. Dan ikut lomba juga masih yang biasa, belum bisa bikin opini kaya HAM gitu. takut dibilang sok dewasa , masih kecil ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bahrumsyah Bila Sahil: ga ada istilah sok dewasa dalam ngeblog, semuanya juga masih belajar ngeluarin opini lewat tulisan. :D

      Hapus
  5. waaaah ga heran mereka dapet award. kreatif-kreatif gitu kaaaaan.. semoga blogger2 lain (termasuk gue) bisa termotivasi untuk terus berkarya deh ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nonni Shetya: iya, award kayak gini bisa jadi tambahan motivasi buat para blogger. :D

      Hapus
  6. Makasih ya atas tulisannya :)
    Tapi kalau boleh ralat, itu pemenang kategori khusus dan umumnya tertukar. hehehe
    Saya juga masih bingung apa bedanya khusus dan umum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ketuker ya? maap.. maap... segera diralat deh. :)

      Hapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping