fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Awas Penipuan Berkedok Internet Marketing!



Kemaren malem, lagi blog walking gue nemu banner bikin mata gue ijo. Gimana ga coba? Gue ditawarin dapet puluhan juta dalam waktu singkat cuy! Wiuh.. kapan lagi dapet kesempatan kayak gitu? Baru diklik gue langsung ditawarin segepok uang. Mata gue tambah ijo. Tapi pas gue baca lebih detil lagi kok ada yang janggal ya? Oke, ayo kita mikir dengan logika.

Lalu gue iseng masuk. Gue masukin nama sama alamat email abal-abal. Karena ternyata form di depan itu adalah form news feed dari websitenya. Jadi secara otomatis kita bakalan dikirimin email terus-terusan. Masuklah gue ke dalamnya karena penasaran.

Pertama kita masuk kita ditawarin keuntungan yang wah banget. Tapi apa emang bener kita bisa dapet segitu? Mungkin aja sih. Tapi peluangnya dikit banget. Apalagi kalau usahanya ga jelas. Katanya sih pasti dapet. Kan jadi internet marketer. Tapi kalau ada yang bilang “pasti” atau “dijamin” kita harus curiga. Karena dalam berinvestasi atau berbisnis ga ada yang pasti. Apalagi kalau dijanjiin keuntungan ratusan persen. Bisa jadi itu indikasi money game atau penggandaan uang. Investasi yang paling tinggi returnnya itu saham yang rata-rata maksimalnya sekitar 50%. Sebanding sama resikonya. Kan ada istilah high risk high return, low risk low return. Jadi kalau returnnya dijanjiin ratusan persen, berapa dong resikonya? Bisa-bisa itu investasi bodong.


Lihat gambar di atas. Katanya ini bukti kalau janji tadi bukan isapan jempol belaka. Tapi kalau diperhatiin tulisannya identik. Coba lihat goresan tulisannya. Bandingin juga tandatangannya. Emang sih tandatangannya beda-beda. Tapi kok goresannya identik ya? Mungkin yang pernah belajar analisis tulisan tangan bisa lebih kompeten buat ini. Tapi sebagai orang awam gue ngelihat tulisannya identik. Bentar-bentar. Kok ga ada capnya juga ya?


Kalau ini katanya bukti penghasilan atau laba yang dia peroleh. Tapi kok di tiap akun kredit yang dicatet di buku tabungannya ditulisin nama orang ya? Oh ternyata akun kredit itu berasal dari setoran investor atau anggota barunya. Tapi kok dianggap sebagai laba ya? Bukannya secara akuntansi harusnya dianggap sebagai amanah atau liabilitas? Kalau setoran dari anggota baru dianggap sebagai laba bisa jadi itu adalah skema piramida. Sekema piramida itu skema di mana seseorang harus ngerekrut anggota baru biar dapet penghasilan.

Di luar negeri, MLM dengan sistem berjenjang sudah mulai dilarang. Karena rentan dan ga akuntabel. Banyak negara di luar negeri udah ngelarang money game dan skema piramida itu. Sistemnya juga ga masuk akal. Bahkan negara kapitalis kayak Amerika Serikat sekalipun udah ngelarang sistem ini. Tahun kemaren, Bernard Lawrence  dihukum 150 tahun penjara. Mantan petinggi bursa ini dihukum gara-gara ngegondol duit hasil penipuan dengan sistem money game senilai US$15 juta.


Coba bandingin antara lingaran ijo dan lingkaran biru. Ada yang beda ga? Ah masa ga ada. Lihat tanda petik yang ngapit nama penerima email. Kok yang atas double ya? Apa mungkin sistem emailnya beda kayak gitu? Atau yang ngedit gambarnya kurang teliti? Entahlah.

Dengan berkedok MLM atau internet marketing dia nawarin money game dan skema piramida tadi. Sebenernya yang kayak gini bukan yang pertama. Tahun 2005 pernah ada Aksi Prihatin Terhadap Skema Bisnis Anne Ahira. Aksi ini dipelopori sama Bapak Blogger Indonesia.


Gara-gara ini juga jadi banyak orang yang alergi sama MLM. Di DetikForum aja yang promosiin MLM langsung diban tanpa warning. Padahal MLM yang murni MLM ga kayak gitu sistemnya. MLM itu sama aja kayak direct selling. Sayanganya ada orang-orang yang memodifikasi money game dan skema piramida tadi jadi mirip sama MLM. Kasihan gitu orang-orang yang bener-bener kerja dengan sistem MLM. Jadi kena batunya.

Simpel aja sebenernya buat ngebedain mana MLM mana money game atau skema piramida. MLM itu jelas penjualannya. Produknya bukan abal-abal. Harganya juga masuk logika. Kalau money game, produk cuma jadi kamuflase. Produknya bisa jadi cuma tisu tapi harganya bisa selangit. Itu cara simpel ngebedain MLM sama money game. Kalau ngebedain MLM sama skema piramida lihat aja biaya pendaftaran anggota barunya. Normalnya sekitar 100 ribu lah. Buat starting kit dan administrasi. Kalau udah ratusan ribu bahkan jutaan besar kemungkinan itu adalah skema piramida, yang cuma nyari keuntungan dari anggota baru. Bukan dari hasil penjualan. Buka aja webnya Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) kalau masih pengen tahu lebih detil bedanya.


Di dunia perbankan ada yang namanya 3P, pastikan manfaatnya, pahami risikonya, dan perhatikan biayanya. Ga ada salahnya prinsip ini kita pakai buat berinvestasi di mana pun. Meski bukan di bidang perbankan. Kayak yang gue bilang tadi. Tiap investasi atau bisnis pasti ada resikonya. Banyaknya korban penipuan money game atau skema piramida berkedok MLM karena kita belom punya payung hukumnya. Belom ada undang-undang yang ngelarang money game dan skema piramida kayak di luar negeri. Karena itulah sampai saat ini Indonesia masih jadi lahan empuk.

Selain orang-orang MLM yang bener-bener MLM, praktik kayak gini juga ngerugiin rakyat kecil. Temen gue aja sampai ngelepas kuliah gara-gara kena tipu kayak gini. Di kampung gue juga kayak gitu. Banyak orang yang ketipu. Padahal mereka sampai bela-belain jual hartanya buat modal. Eh malah ditipu.

Gue salut sama orang yang punya jiwa wirausaha yang tinggi. Tapi harus hati-hati juga. Jangan sampai ketipu. Kalau udah ketipu kan kita juga yang rugi. Kalau mau ikut MLM juga pilih yang bener-bener MLM. Biasanya MLM yang bener itu cenderung ga maksa-maksa. CMIIW.
Jasa Keuangan 3181690663657913598

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. tambah mantab nih blognya :D

    iya. saya sempat ketipu juga hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ada yang udah pengalaman ternyata. haha

      Hapus
    2. Doh, saya juga pernah :D
      Untung produknya berguna.

      Oya, thanks link APLI-nya. Alhamdulillah MLM yang sekarang saya geluti memenuhi poin2 APLI tersebut. Jelass. Makin mantap nih :)

      Hapus
    3. sama-sama. sukses ya usahanya. :)

      Hapus
  2. kalo gue sih gak bisa ditipu yg kaya ginian,soalnya gak minat dan gak ada bakat sih,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin itu kelebihan orang yang ga punya jiwa enterpreneur kayak gue ya? :P

      Hapus
  3. wah, bermanfaat nih. harus ekstra waspada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak kata Bang Napi, "kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku, tapi kejahatan bisa terjadi karna ada kesempatan, waspadalah! waspadalah!" haha

      Hapus
  4. ckckc.. :D
    secara pribadi, ane sih sebenarnya kurang suka juga apapun itu bentuk marketingnya..

    marketing, sarat akan tujuan, itu jelas..
    tapi jika sampai mengabaikan kepentingan si pembeli, itulah yang jadi masalah..

    beberapa kali ane di ajak MLM, tapi ane tolak dengan baik - baik tentunya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, apalagi kalau cuma ngutamain perekrutan tanpa merhatiin kualitas produk. tapi ada beberapa MLM yang produknya emang cukup bagus kok. bukan promosi loh. :P

      Hapus
  5. yang paling high risk high return itu transaksi derivatif kk, amerika kolaps karena derivatif, transaksi derivatif itu 10x lebih besar dibandingkan total GDP seluruh dunia, seluruh dunia lho, dan itu transaksi yang 90% judi karena mempertaruhkan keadaan di masa depan, hohoho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya. hahaha. padahal baru kemaren-kemaren gue nulis tentang pasar derivatif. :D

      Hapus
  6. mantap nih tulisannya. saya sih ga pernah tertarik sama yang namanya MLM, apalagi dijanjikan keuntungan yang nggak masuk akal :)

    BalasHapus
  7. bagus juga infonya ...
    siip , dengan ini banyak orang akan lebih hati-hati ..
    dimana-mana bisnis kayagini promonya emang bikin aer liur netes..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu lihat promo bisnis atau lihat es cendol? haha

      Hapus
  8. Anjrit, bener-bener mengerikan! Baru ngerti. Saya kira nggak ada yang salah sama bisnis sistem Network Marketing. Yang aku tau kalo join, bakal dapet kapal pesiar --"

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapal pesiar? :O
      entar taunya dapet kapal-kapalan. :P

      Hapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping