fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Sayonara Windows


Welcome back to the blogosphere!!

Ah, lama banget gue ga ngapdet blog. Kalau boleh ngeles banyak banget alesannya. Sebelom mudik gue udah ga bisa fokus buat nulis lagi. Boro-boro ngeblog. Disuruh apdet intranet di kanator aja ga sempet. Pikiran gue udah nyampai rumah duluan. Waktu mudik gue udah ga sempet buat ketak-ketik. Wara-wiri ke sana kemari. Ke rumah sodara lah. Ngumpul sama temen-temen kuliah lah. Kopdar sama temen-temen blogger lah. Alesan lainnya, leptop gue abis diinstal ulang. Ganti OS.


Dari gue pertama kenal komputer, Windows udah nancep di leptop gue. Karena gue kenal sama komputer di leptop ini. Iya, lulus SMA gue bener-bener gaptek. Waktu itu gue males ngerjain makalah bukan karena gue males mikir. Tapi karena Ms Word aja gue ga ngerti. Sampai di lab komputer UI gue pernah ngelakuin hal yang malu-maluin karena kegaptekan gue.

Akhirnya leptop ini sering jadi kelinci percobaan gue. Diinstall ulangnya aja sampai udah ga keitung saking seringnya. Sampai gue bisa nginstall ulang sendiri gara-gara gue sering ngelihatin temen pas gue mintain tolong buat nginstall ulang leptop ini yang crash gara-gara gue pakai buat eksperimen.

Lama-lama gue bosen juga nyari-nyari crack software bajakan di belantara hutan maya. Sampai akhirnya Dapi ngenalin gue sama Ubuntu. Salah satu distro Linux yang bisa dibilang paling ngehits. Waktu itu Shipit Ubuntu masih ada. Gue juga sempet dikirimin CD Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat). Tapi pas kemaren gue mampir ke websitenya ternyata Ubuntu udah ga bagi-bagi CD gretongan lagi. Terpaksa gue download versi terbarunya, Ubuntu 12.04 LTS (Precise Pangolin).

Dulu gue pernah nginstall dua OS. Windows XP (bajakan) dan Ubuntu 10.10. Tapi ga lama Ubuntu gue uninstall lagi. Alesannya karena modem ga bisa konek. Padahal kalau mau usaha dikit pasti bisa konek juga. Tapi sebenernya alesannya karena gue belom bener-bener siap buat hijrah dari Windows ke Linux. Kalau kemaren tanpa mikir panjang lagi langsung gue hapus Windows yang udah bertahun-tahun gue pake. Lalu gue install Ubuntu yang gue download tadi.

Abis begadang semaleman bisa juga Ubuntu ini gue install. Pas pertama kali boot loadernya ga keinstall. Jadi pas booting itu dianggapnya ga ada OS. Lalu gue oprak-oprek lagi termasuk gue burning ulang berkali-kali ISO Ubuntu hasil downloadan gue. Akhirnya bisa jalan juga di leptop ini. Tampilannya lebih fresh dan pastinya lebih ringan.

Sebenernya alesan lainnya karena leptop gue ini bisa dibilang leptop antik. Leptop dari tahun jebot. Speknya juga minimalis (baca: pas-pasan). Tapi dengan spek yang pas-pasan ini gue pengen yang lebih. Untungnya Linux ngasih solusi buat gue. Sebelomnya gue sempet nyobain distro lainnya. Termasuk Blankon yang asli bikinan developer Indonesia. Tapi hati gue tetep jatuh ke Ubuntu.

Sebenernya gue pengen nyobain OS "Macan Salju". Sayang beberapa kali gue gagal buat dapetin Si Apel. Makanya kalau ada yang mau ngasih gue leptop Apel jangan ragu-ragu. Anterin aja ke kosan gue.

Alesan lain yang bikin gue jatuh cinta sama Linux karena di sini kita bisa mengustomisasi sesuka kita. Peluang buat itu sangat terbuka lebar. Karena itu juga gue jadi agak paham kenapa ada macam-macam OS dan kenapa aplikasi dari OS yang beda ga bisa di pasang di OS yang ga kompatibel.

Maaf lahir batin dari gue buat Om Bill Gates. Selama ini gue udah ngebajak hasil karyanya. Padahal kalau blog gue dibajak juga pastinya kesel banget. Sayonara Windows!
Iseng 7373210989358908767

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. ane pake dual booting. win7 asli sama ubuntu. haha
    ubuntu enak buat Internetan pake wifi. aman soalnya daripada mikocok. menurut ane sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, harus nyobain pakai wifi nih. :D

      Hapus
  2. wah ubuntu tuh aman bangat ,, kunjungan balik ya http://sibangthoyib.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. bahas windows 8 dunx, heheh... tapi bahasan yang ini lumayan bagus...
    oya follow nd komen blogku yaaa...

    BalasHapus
  4. yang 13.10 kapan dirilis gan?

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping