fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Transformasi Demi Perimbangan Konten


Perkembangan internet yang semakin cepat secara otomatis merangsang pertumbuhan media online. Banyak perusahaan penyedia berita terdorong untuk membuat portal media online. Bahkan perusahaan media cetak pun pada akhirnya ikut nimbrung di sana. Penetrasi yang sangat cepat menjadi alasan utamanya. Pertumbuhan media konvensional ini tentunya akan lebih sinergis lagi apabila diiringi dengan pertumbuhan jurnalisme warga (citizen journalism). Karena betapa pun banyaknya media di Indonesia, baik media online, cetak, radio, maupun televisi, tidak akan mampu menyediakan pemberitaan yang merata dari seluruh sudut Indonesia. Wilayah yang luas dan pembangunan infrakstruktur yang belum merata bisa menjadi alasannya. Di sinilah peran jurnalisme warga dibutuhkan.


Blog bisa menjadi salah satu media yang digunakan para penggiat jurnalisme warga. Alih-alih mendukung jurnalisme warga, banyak portal media online menyediakan layanan blog gratis dengan menjadi subdomain dari portal tersebut. Namun hal ini menjadi dilema bagi blogger yang sudah lama ngeblog. Itu salah satu kelemahannya. Karena blogger harus mengelola dua blog secara bersamaan. Apabila memilih untuk aktif di layanan blog yang disediakan oleh portal tadi, besar kemungkinan blog yang sudah lama dikelolanya akan terbengkalai. Padahal data dari salingsilang.com per 3 Agustus 2012 menunjukkan bahwa ada sekitar enam juta blog di Indonesia.

Ditengah dilema tersebut, sekitar setahun yang lalu VIVA.co.id (d.h. VIVAnews.com) memberikan win win solution. Saat itulah VIVAlog hadir dan menyediakan sebuah platform untuk berbagi yang diperuntukan bagi semua blog dari seluruh sudut Indonesia. Tentunya blogger tersebut tidak harus membuat blog baru yang menjadi subdomain dari portal VIVA.co.id. VIVAlog menjadi semacam site aggregator yang menampilkan artikel atau tulisan yang disubmit ke VIVAlog.

Enam juta lebih blog yang ada di Indonesia, kontennya pun sangat beragam. Karena itu, tidak semua artikel yang disubmit ke VIVAlog akan ditampilkan oleh admin. Hanya artikel yang memenuhi kriteria saja yang akan ditampilkan. Kriteria tersebut di antaranya tidak mengandung unsur-unsur SARA, pornografi, dan provokasi.

Ketika VIVAnews.com bertransformasi menjadi VIVA.co.id, banyak sekali inovasi yang ditawarkan. Salah satunya adalah pengklasifikasian subportal. Hal ini menunjukkan bahwa transformasi portal VIVA.co.id tidak hanya mengutamakan perubahan tampilan dan domain saja. Tapi juga untuk mengoptimalisasi perimbangan konten. Dari yang sebelumnya lebih didominasi oleh berita, kini kontennya lebih berimbang. Selain subportal VIVAnews, ada juga subportal VIVAbola, VIVAlife, VIVAforum, dan VIVAsocio. Semuanya terintegrasi dalam portal VIVA.co.id.


Tentu saja VIVAlog juga ikut berinovasi dalam transformasi ini. Sebelumnya, setiap log berada dalam satu kolom tanpa ada pengklasifikasin berdasarkan kategori artikel. Sekarang, ada dua belas kategori dari artikel yang disubmit ke VIVAlog. Selain itu, ada juga VIVAlog Terpopuler dan VIVAlog Pilihan Editor. Tentu saja semua ini memudahkan pembaca untuk mencari jenis artikel yang sedang ingin dibacanya.

Saya juga bisa merasakan kebanggaan VIVA yang bertranspormasi menjadi domain .co.id. Sama bangganya ketika saya berganti domain menjadi .web.id. Tentunya narablog lebih tahu dari saya keunggulan dari menggunakan domain Indonesia ini. Dan, tentu saja transformasi ini merupakan bentuk keseriusan VIVA.co.id dalam optimasilsasi perimbangan konten. Salah satunya adalah dengan pemberdayaan blog yang sudah ada di Indonesia tanpa "memaksanya" untuk membuat blog baru yang menjadi subdomain dari portal VIVA.co.id.

____________________


Blogging 1141940750249425124

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. wow.. semangat!
    semoga sukses di lombanya.. :)

    BalasHapus
  2. hemmm...nampaknya saya masih setia dengan blogspot saya

    BalasHapus
  3. wou keren pembahasannya, viva emang maknyus

    BalasHapus
  4. saya cari tulisan terbarunya dari mana ya? Gak ada tempat arsipnya yg bisa lihat tulisan-tulisannya.

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping