fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Ketika Anggota DPR Ngeblog


"Kalau anggota DPR ngeblog, apa ya yang ditulisnya?"

Pertanyaan liar itu tiba-tiba nyebrang di atas kepala gue. Masih ga kebayang aja gitu seandainya ada anggota DPR yang ngeblog. Apalagi alamat email aja suka lupa. Masih inget kan kasus email komisi8@yahoo.com? Kalau pun punya blog bisa jadi blognya berisi cerita-cerita saat jalan-jalan ke luar negeri. Trinity juga lewat kayaknya. Atau isinya bantahan-bantahan kritik blogger lainnya. Kayak blog gue yang ga jarang ngomongin mereka. Kayak sekarang ini.

Hey mahasiswa! Janganlah kalian sok suci. Kalian ngomongin kami yang tidur pas lagi rapat. Emang kalian ga pernah tidur pas lagi kuliah? Ngapain kalian ikut ngurusin kami yang bolos rapat? Emang kalian ga pernah bolos kuliah? Turun ke jalan buat ngebela rakyat tapi kok bohong sama orang tua. Bilangnya kuliah tapi malah demo di jalanan. Minta izin ga sama orang tua kalian? Udah deh, sesama tukang bolos urus aja urusan kita masing-masing.

Salah satu pojok sempit di gedung DPR, 14 September 2012.

Kira-kira kayak gitu yang ada di bayangan gue kalau anggota DPR ngeblog. Kalau ga paling promosiin dirinya atau partainya. Tapi ternyata anggapan gue keliru. Ga semua nggota DPR sebusuk yang diberitain di koran-koran atau tipi-tipi. Bukannya gue mau ngebelain. Gue cuma mau ngajak buka mata kalau di antara mereka ada juga yang bener-bener punya visi ke depan. Susu setitik rusak karena nilai sebelanga. Mungkin ini pribahasa yang tepat buat ngegambarinnya.

Ga sengaja gue nemu salah satu blog di novariyantiyusuf.net. Blog milik seorang anggota DPR wakil ketua komisi IX. Namanya Nova Riyanti Yusuf atau nama penanya NoRiYu. Dia memang seorang penulis. Beberapa novel udah dia telurin. Kebetulan gue juga pernah baca salah satu novelnya. Cerpennya bertebaran di berbagai media cetak. Dia juga sering nulis artikel di berbagai media. Tentang kesehatan, politik, film, juga musik. Terutama musik indie.


Di blog cewek yang pernah jadi narasumber seminar blogging ini juga diceritain tentang RUU Kesehatan Jiwa. RUU yang selama ini diperjuanginnya. Meski ga gol-gol juga. Mungkin karena orang-orang ngenilai RUU ini ga materialistis. Jadi, dulu dia direkrut Partai Demokrat buat jadi caleg bukan karena dia anggota partainya. Psikiater lulusan FKUI ini diajak gabung karena ngelihat gerak-geriknya yang cukup lincah terutama dalam memperjuangkan kesehatan jiwa.

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah jangan suka menggeneralisasi. Meski ga sedikit anggota DPR yang kelakuannnya nyebelin. Meski gue ga suka sama Partai Demokrat. Jangan sampai menutup mata kalau masih ada orang-orang baik yang berjuang di antara mereka. Bahkan perjuangan mereka bisa jadi lebih berat. Karena institusi mereka sering kali dicerca abis-abisan. Termasuk dicerca di blog gue. Duh, deudeuh teuing.

____________________
Sumber gambar: Panoramio | Nova Riyanti Yusuf.
Blogging 7183082400870496829

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. urusan wakil rakyat itu bukan perkara mengurusi sekelompok anak sekolah. di kelas2, ada anak nakal wajar. nah di bangku senayan,masyarakat banyak mengharapkan mereka semua benar lurus 'tanpa cacat' tanpa kesalahan dan murni berjuang buat kesejahteraan rakyat. tapi yang ada DPR benar2 perwakilan dari rakyatnya. ada yang suka buka bokep, cabul, gaptek, tapi ada jga yang baik, bervisi, intelektual, profesional.

    jadi kita2 yang melek tentu enggak menp-generalisasi. mungkin generalisasi itu dimoncongkan sama orang2 yang merasa berkapabel atau menjadi bagian dari DPR itu sendiri. seperti gerakan sigap dari tamparan yang hendak dilakukan rakyatnya sendiri. SUNGGUH IRONI :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya biar oknumnya ga malu sendiri gitu? :D

      Hapus
  2. ah, terlalu bnayak urusan yg harus dipikirkan. males banget mikirin mereka yang kebanyakan gak mikirin kita. buat apa peduli ama mereka. terserah mereka mau ngapain, udah gak peduli lagi.
    biarkan mereka hidup di alamnya, dan kita hidup di alam kita. mereka hanya peduli dg hidup mereka, buat apa dipikirn.
    kalo toh ada yg ingat dgn kita, syukur deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ga bisa gitu masbro. mau ga mau pada akhirnya kita bakal kena dampaknya juga dari keputusan yang mereka ambil.

      Hapus
    2. Iya, jadi rakyat pun harus tetap aktif, dan klo bisa ya korektif, dengan bgt akan ada perbaikan dan kebaikan.

      Hapus
  3. kasihan juga nih ya orang-orang yang baik dan hebat kayak gini, citranya tertutup hanya karena ulah anggota dpr-dpr lain yang bejat itu ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, intinya di mana-mana yang baik dan yang buruk itu pasti akan selalu ada.

      Hapus
  4. tau nih gue nova riyanti, cantik imut2 gitu ya orangnya, waktu itu juga pernah ngundang di seminar ttg RUU kesehatan jiwa, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sayangnya gue ga pernah ngikutin seminarnya. haha

      Hapus
  5. blog walking pertama nih. salam kenal yah kak :)

    BalasHapus
  6. Ya seharusnya emang mereka jangan mau disamain dong sama mahasiswa atau siswa sekalipun. Mereka itu udah jadi tumpuan harapan para rakyatnya, jadi harus udah serius pake banget buat ngurusin kita sebagai rakyat yang diwakili oleh mereka.

    BalasHapus
  7. Itulah, dan saya setuju dengan kata "Jangan Langsung Mengeneralisasikan sesuatu". Banyak hal yang nggak kita tahu.

    Terkadang kita sering mengammbil kesimpulan2 dari analisis analisis tumpul dan dipaksakan, tanpa melihat jauh lebih dalam dan mempertimbangkan apa-apa saja hal yang mungkin bisa terjadi selain daripadanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gue juga sering banget gampang ngambil kesimpulan. :)

      Hapus
  8. gpp gan ngblog yang penting tetap ingat sama kewajibannya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bagus lagi kalau jadi penunjang buat menuhin kewajibannya. :D

      Hapus
  9. saya juga hobi ngeblog tapi jarang fokus ke satu topik, saya cuma mau tanya dikit, apa perasaan anda kalo mendapat komentar atas postingan anda yang tidak cerdas atau kasarnya bodoh, dan oot? he he he, sering ngalamin soalnya ... mau dikomentari balik nanti tambah rumit dan ikut2an bodoh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. perasaan gue sama kayak pas lagi nulis komen ini. haha

      Hapus
  10. ke TKP blognya anggota DPR dan mencoba berkenalan. hehe

    best regard,
    boomberita.blogspot.com (blognya bukan anggota DPR)

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping