fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Senja di Teluk Jakarta


Saya hampir lupa kalau Jakarta juga punya pantai. Padahal, dari jendela di sayap utara kantor pun garis pantainya cukup jelas terlihat. Mungkin karena saya tidak pernah berenang atau sekadar mencelupkan diri ke dalam air laut Jakarta.

Suatu senja, saya menyusuri pantai di Teluk Jakarta dengan bersepeda. Jelas tidak boleh disamakan dengan ketika saya bersepeda menyusuri pantai Pananjung Pangandaran. Di teluk seperti Teluk Jakarta, kita tidak akan mendapati indahnya matahari terbenam. Pun di Teluk Jakarta sangat jarang, bahkan tidak ada, hamparan pasir untuk saya bersepeda. Yang ada hanyalan deretan tembok dan batuan pemecah ombak.


Air lautnya juga tidak bersih. Miris, melihat sampah-sampah berenang-renang di sepanjang bibir pantai. Sangat disayangkan memang, pemandangan yang indah dirusak dengan sampah-sampah yang mencemari Teluk Jakarta. Kebanyakan dari sampah-sampah itu adalah bungkus makanan dan botol minuman. 


Kalau sudah begini mau bagaimana? Menyalahkan pemerintah? Hahaha. Tidak usah menyalahkan Pemerintah DKI Jakarta. Toh sampah-sampah itu bekas makanan atau minuman yang kita buang sembarangan, entah ke jalan atau ke kali, yang kemudian terhanyutkan sampai ke pantai. Maka pantas saja jika sangat jarang ada orang yang mau berenang di sepanjang pantai di Teluk Jakarta. Siapa yang mau terkena penyakit gatal-gatal?


Semuanya tergantung kita, manusia penghuni kota Jakarta. Bersih atau kotornya Teluk Jakarta tergantung kesadaran kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Andai airnya bersih, tidak ada sampah, jelas Teluk Jakarta menawarkan berjuta keindahan. Letaknya yang dekat dari pusat kota, cukup strategis dan bisa menjadi alternatif rekreasi yang murah meriah.
Urban 4365116412648247648

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. wah parah ya ...adakah petugas khusus pembersihan sampah di laut..perlu nanya pak Jokowi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan terlalu bergantung pada pemerintah. Toh itu sampah bekas kita juga.

      Hapus
  2. coba ada lomba banyak2 mungutin sampah di laut teluk jakarta ya :-| yang paling banyak dapat hadiah gtu kan.. kasian ikan2 sama burung2nya.. kadang suka kejebak limbah.. :(

    BalasHapus
  3. kapan kapan ajak ajak juga dong maen ke pantai :D

    BalasHapus
  4. tp buat sy pantai ancol udah kurang asik ya. selain kotor, ombaknya udah gak ada

    BalasHapus
  5. apalagi muara angke, parah banget sampahnya -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga muara, bisa jadi kebanyakan sampah-sampah di Teluk Jakarta juga berasal dari sana.

      Hapus
  6. Mending maen ke pulau seribu Jakarta, disana masih banyak pasir & pemandangan yg indah tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi kalau terus dibiarkan bisa-bisa Pulau Seribu juga akan mengalami nasib yang sama.

      Hapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping