fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Lesehan


Lesehan merupakan cara duduk dengan beralaskan tikar atau karpet, tidak ada kursi atau sofa. Sekarang, istilah lesehan sudah mengalami ameliorasi. Lesehan lebih sering diidentikan dengan suatu tempat makan yang menawarkan hidangan untuk disantap sembari duduk lesehan.

Di Ciamis, kampung halaman saya, banyak sekali rumah makan Sunda lesehan. Di sana, lebih dari separuhnya merupakan tempat makan lesehan. Ada yang hanya di pinggir jalan, ada juga yang di tengah sawah atau di atas kolam. Cukup sering, ketika pulang ke Ciamis, saya dan teman-teman kuliah berkumpul di rumah makan lesehan. Waktu saya PKL di Ciamis pun, saat jam makan siang kami sering makan di warung lesehan di depan kantor. Meski hanya di trotoar tapi rasanya benar-benar nikmat.

Begitu pula ketika saya mampir ke Jogja. Malam-malam kami mengelilingi seluruh penjuru Jogja hanya untuk mencari tempat makan gudeg lesehan. Meski hanya beralas tikar di atas trotoar serta ditaburi rintik-rintik hujan. Namun, rasanya... Ah, sulit untuk diungkapkan. Yang jelas, gudeg yang kami santap jadi terasa lebih khas.


Begitu pula dengan Jakarta. Di Jakarta kita juga bisa lesehan. Di bilangan Jakarta Timur misalnya, saya lupa di mana tepatnya, saya sempat melihat beberapa tempat makan lesehan di pinggir jalan. Mungkin ingin mengadopsi cara berjualan makanan di daerah-daerah seperti Ciamis dan Jogja. Bahkan, tidak hanya di Jakarta Timur, kita akan cukup sering melihat orang-orang makan lesehan di atas trotoar. Seringnya tidak beralaskan tikar, apalagi karpet.

Entahlah, mungkin ini menunjukkan keragaman yang ada Jakarta. Semuanya ada di sini. Termasuk tempat makan lesehan. Kapanpun, trotoar ibu kota selalu meminjamkan pundaknya untuk dijadikan sandaran. Untuk makan lesehan dan bercengkerama dengan keluarga. Juga untuk melepas lelah dan penat di malam hari.

____________________
Sumber gambar: WordPress
Urban 5017714813169714393

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. hhmmm kok pd mau ya lesehan?? lbiih nikmat kali y komen bakc y

    BalasHapus
  2. oh ternyata kita sama2 org ciamis ya.. toss :D

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping