fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Jadi Orang Sehat Menyenangkan Tapi Susah Dijalani


Kalau aku udah gede aku pengen kayak Mang Ucen.
Aku pengen kerja di gedung tinggi.
Hari-hari ngomong campur Bahasa Jawa.
Tiap Jum'at pulang kantor nongkrong bareng Bang Ucok.
Ngomongin Liverpool yang lama ga juara.
Suara agak digedein biar kedengeran Liverpooldian di meja sebelah.
Kalau weekend sarapan di warung Mba Yati sambil sibuk twitteran.
Pesen sepiring gedang goreng harga dua ribuan.
Makannya pelan-pelan soalnya masih panas.
Kalau tanggal tua pagi siang malam makannya mi instan.
Tapi maag dan sariawan jadi datang silih berganti.

Siang tadi, saya dan dua orang teman menjenguk teman kami yang sedang dirawat di rumah sakit. Semoga teman saya lekas diberi kesembuhan. Aamiin. Saya jadi terngingat akan satu hal yang sangat penting tapi sering kita abaikan, kesehatan. Tidak sedikit orang yang berangkat subuh pulang malam untuk mengejar kesuksesan. Alih-alih mengejar kesuksesan, kesehatan terabaikan.

"Success means nothing when you are sick" -Yonatan Bhakti

Iya, sukses tidak ada artinya kalau kita sakit. Meski hanya maag atau sariawan, jangan diremehkan. Yang namanya sakit, apapun itu, tetap saja akan berdampak terhadap produktivitas kita. Mengejar kesuksesan memang penting, tapi menjaga kesehatan juga tidak kalah penting.

Menjaga kesehatan dimulai dari menjaga pola makan. Sebagai pengingat juga untuk saya yang pola makannya sering tidak teratur. Yang dimakan juga tidak dipilah-pilih. Mentang-mentang masih muda apapun dilahap, kecuali sayuran. Jangan meremehkan porsi makan orang kurus. Kalau hanya berbicara memang mudah. Iya, sangat mudah. Tapi sulit untuk dijalani. Apalagi yang namanya mi instan. Sering rasanya malas sekali untuk makan nasi. Tapi mi instan, ga pernah ada kata malas.

Selain menjaga pola makan, juga penting untuk menjaga pola tidur. Tapi lagi-lagi susah untuk dijalani. Apalagi kalau sudah duduk manis di depan laptop.

Yang tidak kalah penting adalah berolah raga. Saya sendiri biasanya bermain futsal seminggu sekali sehabis pulang kerja. Itu pun kadang-kadang, kalau tidak ada lembur. Minggu pagi juga bisa digunakan untuk jogging. Tapi menonton Doraemon masih tampak lebih menyenangkan. Ah, lagi-lagi susah dijalani.

Terakhir yang juga tidak boleh diabaikan adalah memproteksi diri kita dari sisi finansial. Caranya dengan membeli polis asuransi. Tidak, tulisan ini tidak disponsori perusahaan asuransi. Asuransi itu memang penting. Kata orang, sehat itu mahal. Kemahalannya baru terasa kalau kita sakit. Saat itulah proteksi dari asuransi dirasa sangat berguna. Kalau boleh menyarankan, pilihlah produk asuransi yang murni asuransi, jangan unit link. Asuransi itu untuk proteksi, bukan untuk investasi. Lebih baik proteksi dan investasi di taruh dalam keranjang yang berbeda.

Pola hidup sehat itu mudah. Saya saja menulis blog post ini tidak lebih dari setengah jam. Tapi menjalaninya? Susah! Jadi orang sehat menyenangkan tapi susah dijalani.
Urban 88119310702712934

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Setuju mas,menjaga kesehatan itu penting.
    Seringkali kita baru menyadari nikmat sehat ketika kita dalam kondisi sakit.

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping