Forum Editor Komunitas Ruang Belajar

Muhamad Rahmat // Minggu, 10 November 2013


Satu jam menunggu di Taman Jenggala belum cukup untuk menebus kecerobohan saya hari kemarin. Tidak hanya lupa jadwal dan datang terlalu pagi, ternyata saya juga lupa membawa charger laptop. Alhasil, hanya dalam hitungan menit laptop, yang baterainya sudah habis digunakan berselancar di Taman Jenggala, pun mati. Kemarin, di forum editor Komunitas Ruang Belajar kami memang diharuskan membawa laptop. Tentu saja untuk berlatih mengedit tulisan Pengajar Muda yang akan diunggah di portal Ruang Belajar (belajar.indonesiamengajar.org).

Ruang Belajar lahir dari kebutuhan akan metode pengajaran kreatif dalam setiap siklus program Pengajar Muda yang selalu berganti setiap tahunnya. Kebutuhan tersebut juga berasal dari guru-guru di daerah penempatan Pengajar Muda. Sejak pertama kali mengirimkan Pengajar Muda pada tahun 2010, terdapat banyak sekali metode pengajaran kreatif karya para Pengajar Muda yang sudah dan sedang bertugas di 17 kabupaten di seluruh Indonesia. Untuk itulah portal Ruang belajar ada, mendokumentasikan metode-metode pengajaran kreatif dalam sebuah portal agar dapat dimanfaatkan oleh Pengajar Muda, guru di daerah penempatan Pengajar Muda, maupun para pengajar dan pendidik lain di seluruh Indonesia.

Sejak mulai aktif pada September 2012, telah banyak tulisan tentang metode pengajaran kreatif yang ditulis oleh Pengajar Muda dan guru di daerah penempatan Pengajar Muda yang diunggah di portal Ruang Belajar. Untuk memperluas pemanfaatan portal Ruang Belajar, kini ruang belajar tidak hanya dikelola secara internal oleh Indonesia Mengajar, tetapi dibuka kesempatan bagi yang ingin ikut terlibat dalam pengelolaannya melalui sebuah komunitas relawan pengelola yang disebut Komunitas Ruang Belajar. Secara garis besar, fungsi Komunitas Ruang Belajar terbagi ke dalam tiga fase: pengeditan, penyosialisasian, serta pengelolaan dan pengembangan fitur portal.

Di forum editor Komunitas Ruang Belajar kami belajar untuk mengedit tulisan dari para Pengajar Muda yang akan diunggah di portal Ruang Belajar. Tidak hanya belajar mengedit dari segi standard penulisan, kami juga belajar banyak tentang metode-metode pengajaran. Sebagai orang yang tidak berlatar belakang dan berkecimpung di dunia pendidikan, tentu saja masih sangat banyak hal yang harus saya pelajari dan pahami.

Salah satu tantangan dari portal Ruang Belajar adalah karena menulis di portal ini tidak termasuk ke dalam empat bidang tugas yang wajib dilakukan Pengajar Muda: tugas kurikuler, ekstrakulikuler, advokasi pendidikan, dan pengabdian masyarakat. Hal tersebut di antaranya menyebabkan kestabilan pasokan yang akan diunggah di portal Ruang Belajar. Ditambah lagi akses internet di beberapa daerah penempatan pengajar mudar muda yang masih sangat sulit. Tetapi sesuangguhnya, tantangan ini tidaklah seberat tantangan yang mesti mereka hadapi di daerah penempatannya yang sering lebih terjal dengan jalan yang sering tanpa penunjuk arah.

0 komentar