Pola Adaptasi Tingkah Laku

Muhamad Rahmat // Rabu, 04 Desember 2013


Salah satu ciri makhluk hidup adalah mampu beradaptasi. Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Adaptasi terbagi ke dalam adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku. Pada dasarnya, adaptasi dipelajari dalam ilmu biologi. Akan tetapi, secara komprehensif, adaptasi tingkah laku manusia dipelajari dalam ilmu psikologi.

Ketika saya bercerita tentang kegalauan saya selama hampir setahun ini, sahabat saya mengatakan bahwa sepertinya itulah pola adaptasi tingkah laku saya. Hal ini disimpulkannya ketika saya bercerita tentang bagaimana saya beradaptasi ketika berpindah dari Ciamis ke Bandung Barat, dari Depok ke Tangerang Selatan, maupun ketika saya dipaksa berpindah dari Gedung Soemitro Djojohadikoesoemo ke Gedung Sutikno Slamet.

Saya memang suka merasa anak psikologi itu seperti dukun, bisa mengetahui apa yang ada di kepala kita meski kita tidak mengungkapkannya. Mungkin itu hanya salah satu dari ke-lebay-an saya. Toh dukun pun belum tentu bisa mengetahui apa yang ada dalam kepala saya. Tetapi nyatanya apa yang dikatakan sahabat saya tadi benar. Adaptasi tingkah laku saya dalam menghadapi perubahan-perubahan tersebut polanya selalu sama. Pola itu pula yang sedang terjadi saat ini.

Pada hakekatnya, makhluk hidup beradaptasi ketika merasa tidak nyaman dengan lingkungannya. Sebagai makhluk hidup kita harus berhati-hati ketika beradaptasi. Adaptasi adalah usaha untuk membuat kita merasa nyaman. Namun, kondisi nyaman tersebut bisa membuat kita terlena. Naluriahnya, kita selalu berusaha agar kondisi saat ini tidak berubah menjadi kondisi yang tidak kita inginkan. Kita selalu mempertahankan diri untuk tetap berada dalam kondisi lama yang membuat kita merasa nyaman, seperti teori kelembaman dalam Hukum Newton I. 

Dari pengalaman saya beradaptasi ketika berpindah dari Ciamis ke Bandung Barat, dari Depok ke Tangerang Selatan, maupun ketika saya dipaksa berpindah dari Gedung Soemitro Djojohadikoesoemo ke Gedung Sutikno Slamet, semoga saya sudah bisa mengetahui apakah pola sudah baik atau belum.

Salah satu ciri makhluk hidup selain mampu beradaptasi adalah memerlukan istirahat. Sebagai bagian dari salah satu spesies makhluk hidup, saya pun memerlukan istirahat. Oleh karena itu, mari kita tidur. Selamat malam.

0 komentar