Sunset di Tanah Anarki

Muhamad Rahmat // Senin, 02 Juni 2014


Nama Superman Is Dead (SID) keluar sebagai pemenang kategori Grup/Band/Duo of the Year dalam ajang penghargaan Indonesian Choice Awards 2014 yang digelar untuk memperingati ulangtahun NET. yang pertama. SID menjadi nominasi berkat albumnya yang berjudul Sunset di Bumi Anarki yang diambil dari judul salah satu lagunya. 

Menurut Jerinx, Sunset di Bumi Anarki bercerita tentang orang-orang yang telah berkontribusi bagi kemajuan bangsanya tanpa mengedepankan kepentingan kelompok atau golongannya, apalagi kepentingan pribadinya. Jelas, lagu ini mengingatkan saya kepada seseorang, seseorang yang saya kagumi.

Rasa-rasanya tidak akan banyak orang yang menolak tawaran untuk menjadi dosen di negeri tetangga atau menjadi guru di sekolah internasional dengan "upah" mentereng. Berbeda dengan orang yang saya kagumi, dengan berani dia menolak tawaran-tawaran yang menurut banyak orang sangat menggiurkan. Tidak sedikit orang yang sikut kanan-kiri atau mengorbankan orang lain demi mendapatkan tawaran-tawaran seperti itu dan lebih memilih untuk menjadi pendidik di daerah pinggiran. Alasannya sederhana, masih banyak anak-anak dari kelurga menengah ke bawah yang kesulitan mendapatkan pendidikan yang baik. “Kalau orang kaya sih gampang mau nyari guru pinter.” ujarnya.

Banyak hal yang saya pelajari darinya, mulai dari konsep “rejeki tidak akan ke mana” sampai dengan ketulusan mengabdi, mengabdi kepada masyarakat, mengabdi kepada tanah airnya. Sangat beruntung saya bisa bertemu dan belajar banyak hal darinya.


Kubasuh luka dengan air mata
Oh hatimu beku, serta jiwamu yang lelah
Tak henti lawan dunia dengan mimpi besar untuk cinta
Dan jalanmu tuk pulang, di ujung waktu kan ada cahaya
Itulah aku, raihlah mimpimu

0 komentar