Tamasya Timur Indonesia

Muhamad Rahmat // Rabu, 09 November 2016

Pesona Wisata Indonesia Timur
travellinghematnusantara.wordpress.com

Bingung mengisi waktu luang saat liburan? Menikmati pesona alam Indonesia bisa jadi pilihan paling tepat untuk mengisi liburan kamu. Sudah tak diragukan lagi, keindahan alam adalah salah satu kemewahan yang patut dibanggakan dari Indonesia. Jika kamu ingin tamasya yang benar-benar jauh dari kehidupan kota dengan segala hiruk-pikuknya, kamu bisa mengunjungi wilayah timur Indonesia.

Untuk sampai ke timur Indonesia, kamu bisa menggunakan pesawat Sriwijaya karena beli tiket pesawat Sriwijaya murah, lebih murah dibanding maskpai-maskapai lain. Rute tujuannya mencakup Nusa Tenggata, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Indonesia Timur memang kaya dengan budayanya yang unik, pesona wisata yang tak bisa ditemukan di belahan bumi Indonesia lainnya. 

Bila kamu bingung destinasi mana yang bisa dikunjungi di timur Indonesia, berikut sedikit ulasan mengenai keindahan alam timur Indonesia sebagai tempat tamasya terbaik yang bisa kamu kunjungi:

Kepulauan Raja Ampat


Pesona Wisata Indonesia Timur
anekatempatwisata.com

Kamu pasti sudah sering mendengar keindahan Kepulauan Raja Ampat. Entah itu dari televisi atau media lainnya, maupun cerita pengalaman pribadi orang lain. Namun, baiknya, kamu benar-benar ke sana langsung untuk membuktikannya. Terletak di Provinsi Papua Barat, keindahan bawah laut Kepulauan Raja Ampat telah diakui dunia.

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari gugusan pulau yang jumlahnya sekitar 610 pulau. Hanya 35 pulau di antaranya yang berpenghuni. Untuk mengunjungi destinasi ini, kamu hanya bisa menggunakan moda transportasi air, lewat laut. Di Kepulauan Raja Ampat, yang berarti empat raja, ada empat pulau utama yang bisa kamu kunjungi: Batantata, Misool, Salawati, dan Waigeo.

Sebagai wilayah yang diakui sebagai surga dari Indonesia, banyak keindahan alam yang bisa kamu kunjungi dan nikmati. Sebagai pilihan pertama, kamu bisa menyusuri Kepulauan Raja Ampat dari yang terkecil hingga yang terbesar. Di sana kamu akan disuguhi suasana tenang, udara sejuk, dan hamparan pepohonan hijau yang melingkupi sebagian besar wilayahnya.

Jika penasaran dengan dunia bawah laut Kepulauan Raja Ampat, kamu bisa menyelam untuk menyaksikan sendiri karang laut berbagai bentuk, ikan-ikan cantik, dan dinding bawah laut yang menawan. Bila telah puas di bawah laut, kamu bisa menyusuri pegunungan yang ditumbuhi hutan tropis, pantai pasir putih, dan keanekaragaman flora faunanya.

Danau Kelimutu


Pesona Wisata Indonesia Timur
anekatempatwisata.com

Terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Danau Kelimuti merupakan kawah dari Gunung Kelimutu. Ada tiga danau di Danau Kelimutu. Ketiganya memiliki warnanya berbeda, yakni merah, biru, dan putih, sehingga banyak masyarakat sekitar menyebutnya Danau Tiga Warna. Walau sebenarnya warna-warna di danau selalu berubah-ubah seiring perputaran waktu.

Menurut kepercayaan masyarakat di sekitar danau, Danau Kelimutu adalah tempat bersemayam arwah-arwah orang yang sudah meninggal. Meski terkesan angker dan menyeramkan, bila kamu sudah melihat secara langsung keindahan Danau Tiga Warna ini, kesan seram itu hilang sendiri, tertutupi oleh keindahan alaminya.

Hamparan danau berbeda warna yang diakibatkan dari reaksi kimia di kawahnya, bukit-bukit batu yang beberapa ditumbuhi pepohonan dan rerumputan, serta birunya langit yang memayungi Danau Kelimutu adalah salah satu keindahan alam, ciptaan Tuhan di bagian timur Indonesia. 

Danau Sentani Papua


Selain keindahan Kepulauan Raja Ampat yang tersohor itu, Papua juga memiliki satu lagi wisata alam yang bisa kamu nikmati sewaktu bertamasya ke timur Indonesia, yaitu Danau Sentani. Sentani yang berarti “di sini kami tinggal dengan damai” memang benar-benar tempat yang akan memberikan kamu kedamaian.

Dengan berkunjung ke Danau Sentani, kamu akan disuguhi karya Tuhan paling seksi. Danau Sentani merupakan danau terluas yang ada di Papua. Danau ini menawarkan luasnya hamparan air yang jernih dan daratan hijau kekuning-kuningan. Karena letaknya yang hanya berjarak lima puluh kilometer dari Jayapura, Danau Sentani telah dikelola secara resmi oleh pemerintah daerah setempat, sehingga banyak fasilitas yang telah tersedia.

Untuk mengelilingi danau, kamu bisa menggunakan perahu yang disewakan masyarakat lokal. Dengan menggunakan perahu, kamu bisa mengunjungi 21 pulau kecil yang ada tepat di tengah danau. Jika kamu tertarik mengunjungi Danau Sentani, sebaiknya datang pada bulan Juni, karena pada bulan itu ada festival yang menampilkan tarian-tarian adat di atas perahu dan tarian perang khas suku di Papua yang amat menawan.

0 komentar