fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Ospek Pegawai Baru Kemenkeu

Hari ini, bertempat di Auditorium Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan orientasi terhadap pegawai barunya...


Hari ini, bertempat di Auditorium Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan orientasi terhadap pegawai barunya yang berasal dari lulusan STAN tahun 2011. Dalam acara tersebut Menteri Keuangan, Agus Martowardojo tidak berkesempatan hadir karena harus menghadiri rapat dengan Menko Ekuin. Sehingga  acara orientasi pegawai baru ini dibuka oleh Sekjen Kemenkeu, Kiagus Ahmad Badaruddin.

Jumlah pegawai baru di Kemenkeu tahun 2012 yang berasal dari lulusan STAN adalah sebanyak 1607 orang. Jumlah tersebut meliputi lulusan DIII dan DI dari STAN Jakarta dan BDK (Balai Diklat Keuangan) yang berada di beberapa daerah. Pegawai baru tersebut tersebar di 11 Unit Eselon I dari 12 Unit Eselon I yang ada di bawah Kemenkeu. Unit Eselon I yang tidak mendapatkan alokasi pegawai baru adalah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Pada kesempatan itu, Kiagus Ahmad Badaruddin juga berpesan agar pegawai baru di lingkungan Kemenkeu senantiasa bekerja dengan mengacu kepada Nilai-nilai Kementerian Keuangan: Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan.

Menanggapi isu-isu miring yang sedang menimpa beberapa orang pegawai di lingkungan Kemenkeu, Kiagus Ahmad Badaruddin menyatakan bahwa 3 orang pegawai tidak mencerminkan perilaku dari sekitar 60.000 pegawai Kemenkeu. Karena banyak juga prestasi-prestasi yang diraih oleh Kemenkeu yang tidak dilansir oleh media. Misalnya penerimaan pajak yang selalu meningkat dengan signifikan dari tahun ke tahun. Juga hasil survei Indek Integritas Sektor Publik yang dilakukan oleh KPK Kemenkeu menduduki ranking pertama dengan indeks yang mencapai angka 7 dari skala 10. Dan masih banyak lagi prestasi Kemenkeu yang tidak diketahui oleh publik secara luas. Sedangkan untuk tahun 2014 destination statement untuk Indek Integritas Sektor Publik Kemenkeu adalah 8,5. "Lagipula kan media punya motto 'Bad news is good news'. Karena itu, pasti media akan cenderung menulis pemberitaan yang jelek-jelek saja." tambahnya.

Kabiro SDM Setjen Kemenkeu, Juni Hastoto, ikut menambahkan bahwa selain adanya remunerasi dan perbaikan sistem berupa reward and punishment, Kemenkeu juga merupakan satu-satunya instansi pemerintah yang menerapkan grading system. Sehingga di Kemenkeu tidak ada yang namanya PGPS (Pinter Goblok Penghasilan Sama). Karena setiap pegawai akan menentukan grading-nya masing-masing berdasarkan know-how, problem solving, dan accountability.

Selain itu, terkait nasib lulusan STAN yang pengangkatannya terhalang oleh adanya moratorium PNS, Juni Hastoto menyatakan bahwa Menkeu sudah melakukan presentasi di depan Wapres terkait hal tersebut dan tinggal menunggu hasilnya. "Hidup ini adalah ketidakpastian." ujarnya. Tidak perlu dijelaskan maksud dari kalimat tersebut. Silakan Anda menerka-nerka apa maksudnya.

Acara yang juga diisi dengan training motivasi ini berakhir pada pukul 16.00. Kemudian orientasi pegawai baru akan dilanjutkan di Unit Eselon I masing-masing.


Kantor 4191692528818112832

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. waaaaaahhh udah jd anggota Kemenkeu nih yeee :D
    traktir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ca Ya: belum sepenuhnya kakaks, doain aja biar cepet dilantik. :3

      Hapus
  2. wah ada ospeknya juga ya....salam bloofers... http://bloofers.org/

    BalasHapus
  3. media memang selalu mengangkat topik2 miring, padahal banyak prestasi yg bisa diberitakan juga :D

    btw, sama nih nasib kita
    sy lulusan ptk kedinasan jg yg kena dampak moratorium..

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping