fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Jadi Blogger Amatir Itu Pilihan


Selamat makan siang!

Udah lama banget draft tulisan ini mengawang-ngawang di atas kepala gue. Sempet kepikiran beberapa judul kayak “Nonprofit Blogger” dan “Blogger Indie”. Sampai akhirnya gue baca tulisan Aziz, salah seorang temen blogger di Kompasiana. Emang gue bukan kompasianer. Tapi bukan berarti gue ge pernah wara-wiri di sana.

Temen gue pernah nanya. “Ngapain lo ngeblog? Jualan juga ga. Biasanya kan orang-orang ngeblog buat nyari duit.” Kata Aziz, di KBBI amatir itu artinya kegiatan yang dilakukan atas dasar kesenangan dan bukan untuk memperoleh nafkah. Alesan gue ngeblog juga bukan buat nyari nafkah alias nyari duit. Kepuasan dan kesenangan. Puas karena bisa ngeluarin isi kepala dan senang kalau tulisan gue dihargai. Dihargai ga melulu sama duit ya.

Emang gue suka ikutan lomba blog. Tapi bukan berarti semua lomba gue ikutin. Kalau peraturannya ribet banget, nyuruh ini-itu, gue juga males ikutan. Lomba yang nyuruh kita jadi pengemis like di facebook misalnya. Juga lomba yang temanya ga sesuai sama kata hati kita. Ga Cuma lomba. Pernah juga gue gabung di salah satu organisasi. Semacam LSM gitu lah. Tapi tugas yang harus gue tulis di sana ga sesuai sama kata hati gue. Hati gue bilang ga buat itu. Akhirnya gue mutusin balik kanan bubar jalan.

Kalaupun misalnya gue ngeblog buat ngehasilin duit, berapa sih yang bakalan dihasilin sama blog yang tulisannya abal-abal kayak gue? Buat makan aja kayaknya ga cukup. Jadi blogger amatir juga alternatif buat ngejaga independensi. Biar gue ga dipaksa-paksa sama orang yang punya duit atau gue nulis apa yang pengen orang baca. Bukan apa yang pengen gue tulis. Makanya sempet kepikiran buat pakai judul “Blogger Indie”. Terinspirasi dari filosofi yang dipegang sama musisi indie.

Jadi blogger amatir juga salah satu pilihan buat ngejaga niat. Gue kasih contoh salah satu blog yang trafficnya rame ga ketulungan. Barusan aja gue tengok ada 1000 lebih orang yang lagi onlen di blognya. Meski ga ada jaminan tapi kayaknya semuanya itu orang. Itu loh yang adminnya suka pakai topeng ke mana-mana. Tahu kan siapa yang gue maksud? Gue lagi ga mau sebut merek ya. Emang doi dapet iklan dari mana-mana. Salah satu operator seluler juga udah lama ngiklan di sana. Bisa ditebak lah berapa penghasilannya dari iklannya. Blom lagi kalau nulis advertorial. Tapi sayang isinya kopasan semua. Iya lah, tiap harinya dipatok harus bikin minimal sekian postingan. Bisa rontok jarinya kalau semua yang dia posting itu tulisannya sendiri. Udah ah jangan ngomongin orang mulu.

Kadang gue juga sempet kepikiran buat ngehasilin duit dari tulisan. Tapi kayaknya bukan dari ngeblog. Sampai saat ini, dan nanti, pengennya gue tetep jadi blogger amatir. Kalau gue masang iklan atau tujuan gue buat nyari duit bisa-bisa gue rajin update cuma buat nyari traffic biar penghasilan gue melejit. Kalau pun sekarang gue lumayan sering update alesannya karena kepala gue lagi mumet. Lagi banyak yang pengen gue luapin lewat blog. Semoga kelabilan gue ga kumat ya. Kalau labilnya kumat udah pasti gue bakalan berubah pikiran.

Apa motivasi kalian ngeblog? Ada ga yang jadi blogger amatir kayak gue?

____________________
Sumber gambar : deviantART.

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. *tunjuk jari* aku juga blogger amatir bang ._. amatir banget malah, nulis cuma buat suka-suka. nggak pasti lagi nulisnya. aku blogger amatirnya-amatiran B)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ummm.. kayaknya ada sedikit salah paham tentang istilah "amatir" yang gue maksud. :D

      Hapus
  2. masang iklan menurut ane sah-sah aja gan. selama ga ganggu yang bacanya.
    eh itu yang adminnya pake topeng siapa sob? jadi penasaran ane

    mampir gan ke blog ane, ada cerita cukup rame. ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, emang gapapa kalau masang iklan. gue cuma bilang kalau gue ga minat buat itu. :D
      ada deh.. masa ga tahu? :P

      Hapus
  3. Kayaknya lebih keren dikasi judul blogger Indie nih... lebih waw gitu kedengarannya... hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ah, entar ada yang bilang "terus? gue harus bilang WOW, gitu?" :P

      Hapus
  4. setujuuuu! gue juga blogger amatiran niih, tapi kalau dengan ngeblog bisa menghasilkan uang, kenapa nggak? sampe sekarang sih gue belom masang iklan , ikut lomba, dll karna keterbatasan waktu dan masih harus banyak belajar juga.. yang penting nambahin ilmu dulu, kalau udah rame (dengan sendirinya), gue yakin perusahaan juga pada ngelirik buat masang iklan di blog kita :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, daripada pusing mikirin traffic yang pas-pasan kalau pasang iklan, mendingan buat seneng-seneng. :D

      Hapus
  5. aku ngeblog karena..suka.
    udah cuma itu aja. seneng aja nulis-nulis (atau curhat-curhat). drpd menuhin newsfeed atau timeline org kan ya mending menuhin blog sendiri..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, berasa kesindir nih karena masih suka nyampah di TL juga. :P

      Hapus
  6. Kalo ane awalnya juga suka-suka, mau share yang ane punya, ga pernah masang iklan, tapi pas sekali nyoba masang iklan lumayan juga hasilnya selama blog kita isi nya bermanfaat, pasti banyak yang berkunjung dengan sendirinya...

    tapi sempet vakum, dan sekarang baru mau nyoba nge-blog lagi nih, soalnya udah bukan karyawan lagi,he,eh,he

    salam kenal..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo hidupin lagi blognya. :D
      salam kenal juga ya!!

      Hapus
  7. wah, kayaknya sama,
    banyak yang nayain ke aku, untuk apa sih ngeblog? dapet penghasilan? ... aku jawab aja: cuma hobbi..

    trus kalo masalah lomba, juga enak ngkuti nya, emang bener, banyak jadi pengemis facebook _ _"

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya ga usah pakai kata "cuma" deh. :D

      Hapus
  8. gue ngeblog juga bukan nyari penghasilan kok sama tapi untuk ngeshare ide di kepala dan sukur-sukur ada yang ngehargain :D
    tapi kalo soal lomba gitu gue suka banget, and yes, gue langsung gak akan ikutan kalo syaratnya ribet apalagi bikin ngemis like fb-_- iyuh banget ngelakuinnya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, kalau yang kayak gitu penilaiannya jadi ga objektif. :D

      Hapus
  9. Saya ngeblog cm buat kesenangan pribadi, soal keuntungan sih biar ikut lomba aja, ga masang iklan wkwkwk
    :)

    Am I an amateur blogger too?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes!!
      percaya deh sama yang udah pernah dapet talenan apel. :P

      Hapus
  10. Iya sih ya, mungkin 'tingkat kepuasan'nya beda-beda. semacam gue mungkin puas hanya dengan trafik segitu, pengikut segitu. sementara beberapa orang baru puas kalau blognya rame, menang disana-sini. tapi menurut gue kalo blognya jenis 'personal' kebanyakan ya gini, amatir. iya ga sih?

    BalasHapus
  11. saya puas menjadi blogger amatir. :P monetize dikit, banyak posting saja...

    best regard,
    boomberita.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. keep blogging aja dah, apapun tujuannya. :D

      Hapus
  12. Blog masih sangat dipercaya oleh mereka yang butuh referensi suatu produk ataupun pengambilan keputusan seseorang. Saya sendiri merasa berhutang budi sama banyak blog karena saya belajar banyak dari sana. Ayo, kembangkan insights dengan ngeblog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo!! tancap semangat ngeblognya. :D

      Hapus
  13. Ngeblog itu merupakan hobi saya sejak tahun kemaren, dengan ngeblog maka kita akan beramal, sesuai dengan pepatah ikatlah ilmumu dengan cara menulisanya maka dari itu saya terispirasi untuk Ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dengan ngeblog kita bisa sedikit berguna bagi nusa, bangsa, negara, dan agama ya? :D

      Hapus
  14. Saya juga awalnya hanya sekedar ingin jadi blogger "murni ngepost tulisan", paling ga ikut lomba yang ga ribet juga syaratnya... eh tapi enggak tahu kenapa baru2 ini iseng nyoba daftar buat masang iklan, penasaran soalnya. Tapi emang enggak dikejar banget lah, kalau dapat hasil syukur, enggak dapet rupiah/dollar ya minimal dapet pengalaman.

    Intinya sih itu tadi, tetap berusaha sekuat tenaga menghindari artikel copas/mengutip referensi tanpa nyantumin sumbernya. Rasanya geregetan juga sih kalo ada yang me-monetize blognya tapi artikel di dalamnya copas semua :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan sampai gara-gara uang kita jadi tukang kopas. Keep blogging ya.. :)

      Hapus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping