fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Forbidden Attitude


Aku hanya sedang ingin berbagi secangkir cerita hangat yang mengawali pagiku, hari ini. Sehangat senyummu pagi kemarin. Oalah, salah fokus. Memulai hari dengan sebuah awkward moment. Lantas disambut dengan kunang-kunang yang berputar di atas kepala. Sarapan pagi pun hanya ditemani sekotak susu. Kunang-kunang itu mengusir nafsu makan yang bersarang dilidahku. Meski kemudian, ketika jarum menit jam dinding menunjuk angka 12 dan membentuk sudut 90 derajat, aku turun lagi untuk membeli mi ayam. Mau berbagi atau mau curhat, Mblo?

Selesai sarapan aku dimintai tolong untuk membantu menyiapkan rapat di luar kantor. Kebetulan hotel tempat rapatnya cukup dekat dari kantor. Kebetulan juga pekerjaanku masih tertunda karena surat-surat undangan untuk narasumber masih belum ditandatangani. Jadi aku sempatkan untuk membantu sebentar. Sebenarnya diminta untuk tetap tinggal sampai acaranya selesai. Tapi aku masih ingat tugasku sendiri yang masih tertunda. Aku harus mengirimkan undangan kepada beberapa orang praktisi untuk menjadi narasumber.

Aku merasa beruntung semasa kuliah sering berkeliaran di luar kelas. Karena sampai saat ini pengalaman-pengalaman itu masih lebih berguna dibandingkan dengan pengalaman di dalam kelas. Sampai kejadian tadi pagi mengingatkanku dua hal yang sangat penting dalam berorganisasi. Dua hal yang kupelajari di bangku taman kampus. Dua sikap yang bisa dikatakan sangat terlarang. Pertama, "Ini bukan tugas gue". Ke dua, "Gue yang paling berjasa".

Satu pelajaran yang sangat berharga yang aku dapatkan di luar kelas adalah bahwa dalam sebuah organisasi tidak boleh ada satu sekat yang sangat kaku. Ketika rekan kita meminta bantuan untuk mengerjakan sesuatu yang bukan tugas pokok kita, tidak ada salahnya apabila kita menerima permintaan itu. Tidak akan rugi apabila kita melakukannya. Tentu saja dengan catatan bahwa kita tidak mengesampingkan tugas pokok kita sendiri. Sayang sekali apabila kita menolak hanya dengan alasan "Ini bukan tugas gue". Padahal dengan melakukan sesuatu yang mungkin belum pernah kita lakukan sebelumnya justru bisa menambah pengalaman kita. Itu akan membuat kita tidak hanya terkotak dalam apa yang kita lakukan setiap hari. Pengalaman tidak dapat dinilai dengan materi. Sekecil apapun pengalaman itu.

Sikap terlarang berikutnya adalah merasa paling berjasa atau paling berpengaruh. Sejatinya antarorgan dalam sebuah organisasi itu saling mendukung. Sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik apabila salah satu organnya mengalami gangguan. Iangat bahwa kata dasar dari organisasi adalah "organ". Bagaimana ketika organ pencernaan kita bermasalah. Susah buang air besar misalnya. Apakah organ kita yang lain dapat melakukannya fungsinya dengan baik? Atau kita ganti saja contohnya dengan sakit gigi supaya tidak terdengar begitu absurd. Lagi pula, "Gue yang paling berjasa" hanya akan menimbulkan keretakan dan kesenjangan.

Ini hanyalah sebuah catatan kecil untuk mengingatkan diri sendiri akan sebuah pelajaran yang sangat berharga. Pelajaran yang pernah kudapat dari beribu kegagalan. Mengingatkan diri sendiri agar apa yang pernah kupelajari di bangku taman kampus tidak sia-sia. Meski bangku taman kampus hanya menjadi pelarian, lari dari sekapan ruang kuliah yang membuatku sesak. Tapi apa yang kutemukan dalam pelarian itu ternyata begitu berharga.

____________________
Sumber gambar: deviantART
Kantor 3715691426129641113

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. aaaaa suka tulisan yg ini, jadi ingat waktu diorganisasi dulu, rata-rata sikap kayak gitu pasti pernah muncul :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih. itu wajar, kan setiap orang mempunyai sisi baik dan buruknya masing-masing. :)

      Hapus
  2. semangat aja gan jalani hidup hehh komen back yaw

    BalasHapus
  3. pilihan kata dalam penulisannya menyiratkan perubahan haluan yg benar2 serius nih dr sebelumnya :3

    BalasHapus
  4. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  5. apa itu artinya,sikap kebersamaan yang dulu lebih baik daripada sekarang? :P

    BalasHapus
  6. Iyaa bener juga sih. Organisasi itu dari kata dasar organ, dulu sempat bingung-bingung mendefinisikan organisasi ini :)

    BalasHapus

  7. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping