I Wannabe Boyband

Muhamad Rahmat // Rabu, 27 Maret 2013


Beberapa minggu lalu, seorang teman dari Solo sengaja datang ke Jakarta cuma untuk menonton konser pop Korea. Cuma. Sebegitu kuatnya pengaruhnya sampai mampu mencipkan penggemar-penggemar fanatik. Ucen sendiri tidak suka dengan pop Korea atau pop Jepang yang selalu identik dengan boyband atau girlband. Alasannya klasik, Ucen tidak mengerti apa yang mereka nyanyikan.

Ucen tidak sedang ingin mengomentari boyband atau girlband lokal yang sepertinya ikut-ikutan arus itu. Lagi pula sudah terlalu banyak yang mengomentarinya. Wajar saja, selalu ada eranya. Tinggal menunggu seberapa lama era pop Korea mampu bertahan. Toh Ucen pun pernah ikut-ikutan membentuk sebuah boyband karbitan.


Pantai Ancol, di sanalah untuk pertama kalinya BL12 muncul di depan publik. Kebetulan waktu itu konsep farewell party adalah beach party dengan konsep yang santai. Sangat jauh dari kesan formal yang selalu melekat dengan birokrat.

Ucen jadi sering tertawa-tawa sendiri saat ingat kelakuannya ini. Entahlah. Tapi gara-gara BL12 popularitas Ucen di kantor langsung melejit. Banyak yang tidak menyangka kalau Ucen mempunyai bakat terpendam. Halah. Kepala Biro pun hanya bisa geleng-geleng kepala melihat kelakuan staf-stafnya.

Nama BL12 sendiri bukan sembarang kata tanpa makna. Nama itu lahir dalam sebuah rapat yang cukup alot. Formasinya sendiri baru ditentukan lima menit sebelum tampil. Awalnya Ucen tidak direkrut untuk menjadi anggota BL12. Karena Ucen merupakan panitia farewell party saja makanya Ucen cukup tahu tentang rencana pembentukan BL12 ini. Sampai kemudian Ucen sendiri ditarik untuk masuk BL12. Profesionalisme menjadi alasan Ucen untuk gila-gilaan di BL12.




With random people, I'm shy. With my friends, I'm crazy.

Diam bukan berarti pendiam. Ada yang bilang Ucen pendiam. Anggapan itu bisa jadi salah. Sebenarnya Ucen bukanlah seorang pendiam. Ketika Ucen diam, kemungkinannya ada dua. Ucen selalu cenderung diam ketika dia berada di lingkungan baru agar bisa lebih banyak mengamati lungkungan sekitarnya. Kemungkinan lainnya adalah Ucen tidak atau belum nyaman dengan lingkungan sekitarnya sehingga dia lebih memilih untuk diam.


20-12-2012, untuk pertama kalinya BL12 tampil di depan penggemarnya, tapi bukan untuk yang terakhir kalinya. Tunggu saja konsernya lima tahun lagi, 20-12-2017. Untuk videonya klipnya mohon maaf tidak bisa diaplod di sini, terkait hak cipta. Tapi CD-nya sudah bisa didapatkan di apotik terdekat.

0 komentar