fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Volunteering


Beberapa orang di sekitar saya terkadang protes ketika saya mengikuti kegiatan volunteering, Mereka bilang, "Kamu ngapain ngelakuin hal yang ga ngehasilin (duit)? Weekend itu waktunya istirahat, ngumpul sama keluarga."

Salah satu motivasi saya mengikuti kegiatan volunteering adalah karena saya merasa mempunyai banyak hutang budi terhadap negeri ini. Mugkin ini terdengar menggelikan, tetapi saya serius. Meski tujuan saya untuk membalas budi tetapi saya tetap senang hati melakukannya.

Dengan mengikuti kegiatan volunteering saya juga dapat memperluas jaringan. Saya dapat mengenal lebih banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Dari mengikuti kegiatan volunteering ini juga saya bisa menemukan jodoh saya. Abaikan.

Selain itu, kegiatan volunteering telah mengajarkan banyak hal baru kepada saya. Misalnya dari anak-anak di Rumah Baca Pulogebang saya belajar bahwa mendidik anak itu tidaklah semudah yang saya bayangkan sebelumnya. Saya juga dapat belajar banyak dari teman-teman volunteer yang lebih senior.

Memang tidak semua manusia Bumi mengetahui bahwa tanggal 5 Desember diperingati sebagai International Volunteer Day (IVD). Volunteer atau relawan adalah orang yang melakukan sesuatu dengan suka dan rela. Masih banyak lagi yang bisa kita dapatkan dengan menjadi volunteer. Volunteer juga merupakan orang yang melakukan pelayanan dengan penuh dedikasi, bahkan dalam situasi yang sulit dan terkadang membahayakan. 

Volunteer berarti mereka yang secara sukarela (senang hati dan rela) memberikan tenaga, pikiran, dan waktu yang dimiliki secara sadar karena mau dan mampu demi tercapainya sebuah tujuan. Hal yang harus digaris bawahi adalah tanpa pamrih dan imbalan, kalaupun ada imbalannya itu adalah apresiasi atas komitmennya.

Membantu sesama dan berbagi itu tidak pandang bulu dan kapan saja. Bahkan ketika seseorang yang kondisinya penuh keterbatasan ingin berbagi, rasanya sah saja. Lagi pula berbagi itu tidak hanya berupa materi, bisa ilmu pengetahuan atau skill yang kita miliki, selama itu bisa bermanfaat untuk orang lain tentu saja patut untuk dibagikan.

Seorang volunteer harus mempunyai rasa memiliki dan loyalitas tinggi. Selain kontribusi dan dedikasi. Semua itu dilakukan dengan penuh keikhlasan dan tanpa mengharapkan pamrih. Harus diniatkan murni sukarela, tidak ada motif lain selain ingin membantu. Karena dalam kegiatan volunteering kita akan menemui hambatan-hambatan yang akan menjadi penghalang.

Menjadi volunteer pun harus kaya ide, menjadi inspirasi dan dapat menularkan sikap positif serta pengaruh yang bisa menggerakkan orang-orang di sekitarnya untuk mau bergerak dan mencapai sesuatu yang lebih baik. Walau hanya sebentar, kiprah volunteer dapat membekas dan berkenan di hati banyak orang. Yang tak boleh diabaikan adalah, ketika kita terlibat dalam kegiatan sukarela, walau tak diberi kompensasi, tanggung jawab penuh itu adalah satu keharusan.


Sayangnya, akhir-akhir ini kontribusi saya dalam kegiatan-kegiatan volunteering yang saya ikuti sedang mengendor. Kalau boleh berkilah saya mempunyaI banyak sekali alasan, dari mulai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan sampai dengan yang tidak, dari mulai alasan yang bisa ditoleransi sampai dengan alasan yang seharusnya tidak perlu diutarakan.

Saya tidak ingin membela diri dengan mengemukakan alasan yang menyebabkan beberapa bulan ini saya kurang bisa berkontribusi bagi kegiatan volunteering yang saya ikuti. Saya hanya ingin meminta maaf atas ketidakprofesionalan saya. Saya akan tetap berusaha menyelesaikan tugas-tugas yang masih tertunda. Memang saya masih jauh dari kriteria seorang volunteer.
Sosial 843239172159505541

Posting Komentar Blogger Disqus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping