fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Belajar SEO Bersama Relawan Ruang Belajar


Belajar SEO (Search Engine Optimization) bagi saya adalah sesuatu yang sangat rumit. Tapi itu dulu, sebelum saya bertemu dengan Muhammad Ilman Akbar. Saya bertemu dengan blogger sekaligus founder anakUI.com ini di acara kumpul-kumpul Relawan Ruang Belajar di markas besar Indonesia Mengajar. Awalnya saya menganggap SEO rumit karena harus berkutat dengan koding dan segala atributnya. Ditambah lagi banyak blogger yang menggunakan SEO untuk menjebak kita masuk ke laman blognya. 

Teorinya, SEO adalah serangkaian proses untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari. Sederhananya, SEO akan mengoptimalkan laman website agar bisa nangkring laman pertama SERP (Search Engine Result Page) bahkan di posisi teratas untuk kata kunci tertentu yang pada akhirnya akan membuat website tersebut berpeluang mendapatkan trafik.

Dulu, banyak website yang melakukan penipuan dengan metode link building, keyword density, dan keyword suffering sehingga ketika mencari referensi di mesin pencari dengan memasukkan kata kunci, kita akan tersesat ke laman website yang tidak relevan dengan yang sedang kita cari. Semakin ke sini Google semakin cerdas, semakin bertindak seperti manusia. Dulu Google menilai laman website dari jumlah tautan yang masuk. Sekarang, setelah Google memperbaharui algoritmanya, yaitu algoritma hummingbird, sehingga Google sudah menilai laman website dari relevansi kontennya. Selain akan membuat orang betah berada di laman website, konten yang bagus juga akan membuat “ranking” laman website di SERP Google semakin bagus.

Oleh karena itu, alangkah akan menjadi lebih baik jika SEO kita mulai dengan memperbaiki kualitas konten yang kita miliki (SEO on page). Karena SEO on page lebih baik daripada SEO off page. Langkah tersebut diawali dengan melakukan riset menggunakan Google Keyword Planner untuk menentukan kata kunci terbailk untuk mengoptimalisasi laman yang sudah ada atau pun laman yang baru akan kita buat. Kata kunci yang kita pilih akan lebih baik jika terdiri dari dua kata. Jika hanya satu kata, kata kuncinya terlalu umum dan pesaingnya juga pastinya lebih banyak.

Selanjutnya, kata kunci tersebut harus dimasukkan ke dalam judul dan di sarankan di bagian depan agar tidak terpotong ketika judulnya cukup panjang. Selain itu, kata kunci juga dimasukkan ke dalam kalimat pertama di paragraf pertama, tautan, dan sub judul. Tahap terakhir adalah memantau hasil SEO  melalui Google Analytics. 

Yap, seorang Ilman Akbar telah berhasil mengajak saya untuk melihat SEO dari sudut pandang lain yang lebih positif.

Don’t be scared to share your idea, tell a lot of people, so you could get feedback about it.” –Muhammad Ilman Akbar
Blogging 5096170355894159924

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. baru baca tulisan ini karena sedang megnecek backlink2 ke anakUI.com hehe..

    terimakasih ya sudah menulis ini! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berbagi ilmu SEO. :D

      Hapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping