zORB44u1Y5Szogk9hvRg5anbZDydcDDjseaSpgOw

All About Pecel Lele


Ada yang belom pernah nyicipin pecel lele? Gue rasa jarang ya orang yang belom pernah icip-icip kuliner khas Indonesia yang satu ini. Kalau beli di warung tenda pecel lele suka merhatiin spanduknya ga? Itu loh spanduk yang juga dipakai buat bilik warungnya. Khas banget disainnya. Dari jenis huruf sampai gambar lele, ayam, dan ikannya. Kayak udah ada standardisasinya gitu. Coba deh bandingin warung yang satu sama yang lainnya. Identik banget kan?

Kalau kita perhatiin lebih detil lagi, spanduk itu kayaknya ga dibikin pakai mesin deh. Soalnya kayak ada garis-garis kuas pas bikin gambarnya. Hurufnya juga ga sama banget kayak bikin pakai komputer. Kelihatannya bikinan tangan. Ah jadi pengen nanya langsung sama abang tukang pecel lele tempat gue beli buat buka tadi sore. Tapi si abangnya lagi sibuk ngelayanin pembeli.

Anehnya lagi. Kenapa gambar yang dipajangnya itu gambar hewan yang masih hidup? Lele, ayam, dan ikannya masih hidup. Bukan yang udah siap saji di atas piring. Kalau lele yang masih hidup kan ga bikin ngiler. Tapi tetep aja banyak yang beli ya? Termasuk gue.


Gue bukan orang yang suka pedes. Termasuk sambel. Makanya di rumah gue yang namanya sambel bisa sampai dikerubutin semut. Saking manisnya. Manis kayak gue. Kalau orang bikin sambel, cabenya mungkin bisa sampai seperempet kilo. Gue cuma butuh seperempet butir cabe. Ngirit banget kan? Bukan karena harga cabe mahal. Tapi kalau makan sambel pecel lele gue bisa abisin itu sambelnya. Apalagi sambel pecel lele yang di Ceger. Deket kosan gue dulu. Belom nemu lagi gue sambel pecel lele yang seenak itu. Sesuai selera gue. Pedesnya manis, ga ngegigit.


Kalau pernah ngira pecel lele itu pecel ditambah lele (pecel + lele = pecel lele), itu ga salah kok. Di Jogja ada yang namanya "Pecel Baywatch". Eits! Jangan salah. Penjualnya bukan cewek seksi penjaga pantai. Penjualnya Mbah Warno. Menu utamanya pecel. Tapi ada juga tambahan lauk lain. Salah satunya lele. Makanya gue bilang ini pecel lele versi lain. Ngarang banget ya gue. Padahal ini pecel yang makannya ditambah lele.


Hampir mirip sama warung tenda pecel lele. Ada juga warung tenda sea food. Dari namanya udah ketahuan kan yang dijual makanan apa?

Makanan favorit gue adalah yang dibakar-bakar. Dari mulai sate, ayam bakar, bebek bakar, termasuk ikan bakar. Aromanya lebih sedap daripada digoreng. Beberapa hari yang lalu gue lagi ngidam makan yang dibakar-bakar. Kebetulan depan kosan gue ada warung tenda sea food. Pulang kerja gue mampir dulu di sana. Gue pesen ikan bakar sama es jeruk. Karena bibir gue lagi sariawan juga. Tapi tetep aja makannya yang pedes-pedes. Nunggunya lumayan lama. Soalnya baru buka. Kan bulan puasa. Jadi arangnya baru dinyalain. Pas udah adzan maghrib barulah pesenan gue kelar. Pas mau bayar gue shock! Gue kira harganya ga jauh beda sama warung pecel lele. Ternyata yang gue pesen tadi semuanya 46 rebu. Gue cuma bisa geleng-geleng dalam hati.

Pas gue cerita sama temen gue. Ternyata emang semua tenda sea food kayak gitu. Harganya selangit tapi kualitasnya kurang bikin puas. Tahu kayak gitu sekalian makan di D'COST aja gue. Bukan promosi loh.

Mentang-mentang udah buka puasa ngomongin makanan mulu ya? Udah dulu ah. Jangan begadang biar sahurnya ga kebablasan. Biar besok di sekolah, kampus, atau kantornya ga ketiduran kayak.... Kayak siapa ya? Pastinya bukan gue. Hahaha.

____________________
Baca Juga
Abah
Generasi Micinial

Artikel Terkait

24 komentar

  1. Untung ngeposnya malem bang--" *lap iler*

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok siang baca lagi ya. :P

      Hapus
    2. bacanya siang nih.. sempet ngelap iler juga hehe
      padahal, saya asliii ngga suka tuh pecel lele hehe

      Hapus
    3. maklum, kalau lagi puasa semua makanan jadi keliatan enak banget, meski ga terlalu suka sekali pun. :D

      Hapus
  2. sebenarnya dari dulu saya penasaran, siapa yang awalnya punya ide bikin spanduk pecel lele dan seafood kaya gitu?
    karena kalo diperhatiin hampir semua penjual desainnya mirip-mirip kayak gitu..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan-jangan ada pabrik rahasianya ya? haha
      besok-besok tanyain yuk ah. :P

      Hapus
  3. nyem nyem nyem lele :3
    buat gue makan pecel lele udah rutinitas dinner nya anak kost'an.
    pecel itu kalo di jawa ya ... sayur sama sambel kacang.
    jadi itu beneran pecel ditambah lele goreng? hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan, pecel lele emang lele yang dipecel. tapi ada juga pecel yang dimakan sama lele. haha

      Hapus
  4. asdfhkqery~
    gambar nomor 1 bikin ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan gerobak. ngiler buat ikutan dagang ya? wuih jiwa wirausahanya keluar. :P

      Hapus
  5. Balasan
    1. kata siapa untung? untung itu kalau bawa duit, bisa buat beli pecel lele. haha

      Hapus
  6. azzz baru sahur nih *tutup mata*

    BalasHapus
  7. salam masuk kayaknya gue :)
    ngiler cuy..

    BalasHapus
  8. untung gak puasa. ups. hahahah
    ntar sore kuliner lele juga ah..
    #ikutan ngiler

    BalasHapus
  9. ane rada trauma kalo makan pecel tuh. suka dimahalin harganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya harus tahu harga pasar, biar bisa protes kalau dimahalin. haha

      Hapus
  10. ehehhe
    pecel lele dan penyetan cocok untuk anak kos heheh
    salam karimalamin.blogspot.com

    BalasHapus