fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

Dari Musisi Indie untuk Anak Indonesia


"Pe el ei way bi ou way bi ou way. Gak gak gak kuat. Gak gak gak kuat ...."

Astaga! Kaget gue denger ponakan nyanyiin lagu over dosis. Over dosis dari umurnya yang masih kurang dari itungan jari sebelah tangan. Gue aja yang emang jarang nonton tipi, apalagi acara musik pagi, baru tahu lagu-lagu itu dari ponakan gue. Beda banget sama jaman gue kecil dulu. Banyak banget lagu anak-anak. Lagu favorit gue waktu itu "Diobok-obok" yang dinyanyiin Joshua Suherman. Selain Joshua ada juga Sherina, Trio Kwek-kwek, Chiquita Meidy, dan masih banyaaaaak lagi. Acara musik anak di tipi juga banyak. "Ci... Luk... Ba....!" Ini acara musik yang dibawain  sama Maisy. Idem sama judul albumnya kala itu. Wah jadi kangen dengerin mereka nyanyi.

Daripada cuma ngebayangin masa kecil gue. Ayo kita nyari alternatif lagu yang pantes buat didengerin sama anak-anak. Ada tiga alternatif yang gue tawarin. Pertama, nyari lagu anak-anak produksi terbaru. Setahu gue sih masih ada yang bikin. Cuma kurang ngehits. Soalnya dianggap kurang komersial. Ke dua, kita juga bisa nyari lagu jaman gue kecil buat didengerin sama anak-anak jaman sekarang. Alternatif terakhir, kita bisa nyodorin lagu-lagu dari musisi indie buat anak-anak. Tapi harus dipilah-pilah dulu. Gue coba kasih beberapa referensi ya.


Superman Is Dead. Band yang baru ngeluarin album piringan hitam ini juga ngerilis single buat anak-anak. Jangan salah. Meskipun penampilannya kayak berandalan, mereka masih peduli sama anak-anak. Judulnya "Aku Anak Indonesia". Lagu ciptaan AT Mahmud yang diaransemen ulang. Keren lah lagunya. Lagunya jadi semangat banget. Kayak lagu buat suporter bola. Tapi lagu ini emang pantes buat didengerin sama anak-anak. Lagu ini ada di album kompilasi "Ambilkan Bulan". Album lagu-lagu karya AT Mahmud yang diaransemen sama musisi-musisi sekarang.

Berikutnya ada Endah N Rhesa. Itu bukan nama satu orang ya. Mereka duo musisi yang paling romantis. Udah nikah juga soalnya. Tapi lagu mereka juga ga cinta-cintaan melulu. Jadi menurut gue ada beberapa lagunya emang cocok buat didengerin sama anak-anak. Gue list aja ya biar simpel milihinnya.

"Nowhere To Go"
I Don’t Remember
Dreams Interlude
Blue Day
When You Love Someone
Living with Pirates
Catch the Windblows
A Thousand Candles Lighted
Uncle Jim
Baby It’s You
Before You Sleep
Take Me Home

"Look What We've Found"
Monkey Song
Remember Me
Midnight Sun
Kou Kou The Fisherman
Wish You Were Here
Mirror Spell
It’s Gone
The King
Waiting
Tuimbe (Let’s Sing)

Hijau artinya pantes didengerin sama anak-anak. Itu penilaian telinga gue doang loh. Oh iya, bukan kebetulan baru-baru ini Endah N Rhesa jadi penata musik film anak-anak. Judulnya "Cita-citaku Setinggi Tanah". Ceritanya tentang cita-cita seorang anak yang mengidap kanker. Banyak OST film itu yang mereka ciptain dan pastinya layak banget buuat didenger sama anak-anak. Nih salah satu lagu yang mereka nyanyiin sama pemeran tokoh utama film yang bakalan rilis bulan depan ini.


Sebenernya masih banyak lagi lagu-lagu dari musisi indie yang emang pantes buat didengerin sama anak-anak. Kayak dari Mocca juga ada "Hanya Satu Pintaku". Tapi sementara segitu aja dulu.

Emang susah sih buat bikin anak yang udah terlanjur kecanduan lagu dewasa biar suka lagu anak-anak. Jangan dilarang secara paksa juga. Anak-anak itu makin dilarang makin ngotot loh. Apalagi kalau mereka sering nonton tipi. Sementara di tipi jarang banget ada lagu yang pantes buat mereka. Adanya lagu tentang selingkuh dan patah hati. Pokonya cinta-cintaan. Tapi ga ada salahnya kita berusaha ngasih mereka musik yang emang layak buat mereka. Gue juga kadang ngasih denger ponakan gue lagu naka-anak dari leptop atau hape. Masalahnya gue jarang ketemu sama ponakan gue itu. Seengganya suatu hari nanti kalau dia udah gede. Dia bisa cerita kalau waktu kecil dia juga pernah dengerin lagu anak-anak yang dikasih omnya. (∫˘▽˘)∫ ♫♪♫

___________________
Sumber gambar dan video: Detik | YouTube
Hiburan 513687359218373808

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Yah sop gue setuju, anak kecil sekarang memang sudah menyanyikan lagu yang belum cocok sama pemikiran mereka :))

    Semoga kedepannya akan ada lagu2 yg pas banget untuk seusia mereka.

    BalasHapus
  2. indu lagu-lagu yg dinyanyiin khusus anak-anak. jamanku udh gak ada tuh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasihan, generasi kapan emang? kok gue jadi berasa tua ya? wkwk

      Hapus
  3. Ada juga 1 lagu anak yang pantas didengarkan anak Indonesia, lagu anak-nya Igor Saykoji. Judulnya kalau gak salah "Aku Mau Main" .. Lagu rap buat anak2. :D

    Jangankan anak-anak, aku juga suka denger lagu sama video klip-nya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, belum denger kalau yang itu.
      gapapa, kita juga kan masih anak-anak. :3

      Hapus
  4. Yg dari The Dance Company juga ada, tapi lupa judulnya saya. kalo nggak salah "Apa Ini"

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, makasih info tambahannya. jadi penasaran pengen denger lagunya. :D

      Hapus
  5. lengkap sekali rekomendasi playlist yg cocok untuk didengarkan oleh anak2, sip, keren lah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih. :)
      sebenernya masih banyak kalau mau dieksplor lagi.

      Hapus
  6. bang, citacitaku setinggi tanah itu bukan tentang anak yang ngidap kanker -____- itu tentang bocah yang punya cita2 gitu :|
    ey adik aku demen banget dengerin Aku Anak Indonesia-nya SID :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya, maksudnya itu. tapi didedikasiin buat anak-anak penderita kanker. :P *ngeles*
      emang keren itu lagunya. :D

      Hapus
  7. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya Indonesia

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  8. setuju kalo anak anak jaman sekarang lagunya udah parah parah!

    dari lagu bisa masuk ke katakata jugaa.. jadi katakata seharihari mereka udah mulai yang kasar-kasar (yang kadang mereka nggak ngerti artinya) dari lagu-lagu barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. tapi mau barat atau timur sama aja sih kalau emang belum pantes buat anak-anak. :)

      Hapus

emo-but-icon

Beranda item

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping