fiscus-wannabe
1889931491244934
Sedang Proses ...

The 1st International Islamic Financial Inclusion Summit


Sebelomnya gue mau ngucapin selamet berpesta buat warga Jakarta yang punya KTP Jakarta. Buat yang ga punya KTP juga selamet deh. Karena hari ini hampir semua pegawai yang kantornya di Jakarta diliburin. Tapi siangnya gue harus tetep ke kantor buat ikut bantuin persiapan acara IFIS 2012. Kebetulan kepala biro gue jadi steering committee acara ini ngewakilin Kementerian Keuangan.

IFIS atau International Islamic Financial Inclusion adalah sebuah acara yang diadain atas inisiatif Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor). Wah, jarang-jarang kan ormas mau bikin acara kayak gini. Mereka ngebuktiin sama kita bahwa ga semua ormas, khususnya ormas Islam, bisanya cuma teriak-teriak kayak preman. Mereka juga bisa bermanfaat buat rakyat kecil. Apalagi acara yang rencananya dihadiri sama presiden kita terncinta ini juga bersekala internasional.

GP Ansor punya inisiatif buat ngadain acara ini karena menurut hasil suatu survey, akses layanan lembaga keuangan di Indonesia masih ketinggalan sama negara-negara lain di ASEAN. Dalam hal ini ,sama Malaysia juga kita masih kalah. Bahkan di ASEAN kita cuma lebih baik dari Kamboja. Misalnya nih, masih banyak kan yang nganggap kalau dana pensiun itu cuma buat PNS atau pegawai BUMN. Padahal siapa aja bisa daftar jadi peserta dana pensiun di Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Makanya GP Ansor berinisiatif ngadain IFIS 2012 buat mempercepat inklusi keuangan.

Acara ini ngelibatin berbagai kalangan yang terkait sama lembaga keuangan. Dari mulai pemerintah, regulator lembaga keuangan, pelaku industri, LSM, sampai mahasiswa. Selain adanya inklusi keuangan, acara ini juga diadain buat nyinergiin antara sektor keuangan dan sektor riil. Karena dalam acara ini akan banyak banget kegiatan. Di antaranya Expo, Studium General, Workshop Keuangan Mikro, International Conference, Anugerah Wirasantri Mandiri, dan Festival Budaya. Semuanya bertujuan buat bertukar informasi tentang lembaga kuangan.

Kegiatan yang diadain dari tanggal 13 sampai 18 Juli ini terpusat di 2 tempat yaitu Stadion Manahan dan Diamond Convention Center. Semoga aja ke depannya lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kecil, yang tahu dan bisa ngakses lembaga keuangan. Baik perbankan maupun lembaga keuangan nonbank.

Oh ya, ini pelajaran juga tuh buat ormas-ormas lainnya. Biar bisa bermanfaat buat masyarakat banyak itu jangan cuma teriak-teriak di jalanan. Bikin aksi nyata yang nyata-nyata bermanfaat kayak GP Ansor ini. Udah ah jangan diperpanjang. Gue takut digebukin. Hahaha.

____________________

Jasa Keuangan 7082064640102450184

Posting Komentar Blogger Disqus

emo-but-icon

Beranda item

Laman Facebook

Statistik

Langganan Surel

Pemirsa

Kliping